Nasional

Woww!!! Polda Riau Amankan 46,5 Kg Sabu Berikut dengan Tersangkanya


Woww!!! Polda Riau Amankan 46,5 Kg Sabu Berikut dengan Tersangkanya
Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly saat menggelar jumpa pers pengungkapan 46,5 Kg sabu-sabu jaringan internasional.
PEKANBARU, PESISIRNEWS.COM - Niat pemerintah pusat untuk memberikan efek jera bagi pelaku jaringan narkoba, mulai dari bandar, pemasok hingga pemakai narkoba melalui hukuman mati tampaknya tidak digubris. Kelihatannya, para mafia narkoba ini secara sistematis melakukan konspirasi untuk merusak generasi bangsa.

Lihat saja, warga negara asing (WNA) asala Malaysia, Nh yang merupakan jaringan narkoba internasional ini, Kamis (2/4/2015) berhasil diringkus oleh pihak Kepolisian melalui Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau. Ia diringkus polisi ketika tengah menginap di salah satu Jalan Soekarno Hatta, kota Pekanbaru.

Tak tanggung-tanggung, dari penangkapan tersebut, petugas menyita 46,5 kilogram narkotika jenis sabu-sabu senilai ratusan milliar rupiah. Menurut Kapolda Riau, Brigadir Jenderal Polisi Dolly Bambang Hermawan, pengungkapan jaringan internasional ini sukses dibongkar petugas setelah melakukan penyelidikan selama dua hari.

"Sabu-sabu itu disimpan tersangka di dalam dua tas besar merk Apollo. Masing-masingnya dibagi menjadi 93 paket plastik bening. Setiap paket berisikan sekitar 500 gram sabu-sabu. Jika ditotalkan, nilainya mencapai Rp180 milliar," kata Dolly ketika menggelar jumpa pers di kantor Dit Res Narkoba Polda Riau.

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, sabu-sabu itu sendiri dibawa langsung oleh tersangka dari Malaysia menggunakan speed boat dan masuk melalui pelabuhan rakyat tidak resmi. Sesampainya di Indonesia, tersangka kemudian membawa barang haram itu ke Kota Pekanbaru. Begitu tiba di Kota Bertuah, tersangka lalu menghubungi dua orang wanita WNI asal Dumai. Keduanya diminta oleh tersangka untuk datang ke Pekanbaru dengan menumpang sebuah travel sewaan.

Upaya ketiganya berhasil digagalkan petugas saat dua wanita itu ikut diringkus sewaktu tiba di Pekanbaru. Masih menurut Dolly, rencananya sabu-sabu dalam jumlah banyak tersebut akan dibawa ke Palembang atas perintah tersangka Nh.

"Ada tiga tersangka yang kita ringkus, satu WNA asal Malaysia inisial Nh dan dua wanita WNI inisial Y dan Is. Kita masih terus melakukan pengembangan penyidikan karena tersangka termasuk jaringan narkotika internasional," tutup Dolly.


Sumber:
Riauterkini.com
Editor: Ndo
Penulis: