Nasional

Anggota DPR Minta Parpol Lebih Memperhatikan Budaya Indonesia

Anjar Anjar
Anggota DPR Minta Parpol Lebih Memperhatikan Budaya Indonesia

Ilustrasi: Ragam budaya Indonesia. (Int)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan meminta partai politik (parpol) lebih aktif dalam memperhatikan budaya yang ada di Indonesia.

Dia menilai selama ini parpol hanya berperan sebagai sarana edukasi politik, serta berkontestasi dalam pemilu.

“Nah, sekarang saatnya parpol masuk ke dalam budaya. Partai NasDem akan menjadi pelopor,” ujarnya di sela-sela acara "Harmoni Budaya Indonesia" di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022) malam.

Farhan menyatakan bahwa bentuk perhatian kepada kebudayaan bukan hanya sekadar menyelenggarakan pentas seni dan budaya saja, tetapi juga dalam bentuk kebijakan yang dapat mendorong keberlangsungan kebudayaan itu sendiri.

Untuk itu, dia menilai perlu ada upaya lebih dalam mengembangkan kebudayaan Indonesia, baik lewat pembaruan regulasi ataupun langkah konkret pelestarian kebudayaan.

"Ada yang namanya Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, tindakan yang dilakukan terhadap objek pemajuan kebudayaan, yakni inventasi, pengamanan, hingga pemeliharaan," katanya.

Farhan menjelaskan, Partai Nasdem secara resmi meluncurkan "Harmoni Budaya Indonesia" sebagai rangkaian kegiatan jelang deklarasi Badan Budaya Partai NasDem.

Sementara, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem, Siswono Yudo Husodo mengungkapkan, peluncuran Harmoni Budaya Indonesia dirangkaikan dengan pameran lukisan karya budayawan sekaligus seniman Sujiwo Tejo.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian jelang deklarasi Badan Budaya Partai NasDem yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2022," terangnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f