Nasional

Antisipasi Eskalasi Konflik China-Taiwan, Kemlu Siapkan Rencana Darurat Amankan WNI


Antisipasi Eskalasi Konflik China-Taiwan, Kemlu Siapkan Rencana Darurat Amankan WNI

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dalam Media Briefing Direktorat Pelindungan WNI Kemlu RI, Jakarta, Jumat (29-7-2022). (Foto: ANTARA/Katriana)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyiapkan rencana darurat jika situasi Taiwan memanas pasca-kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke negara tersebut.

"Kita mempunyai rencana kontijensi untuk mengantisipasi jika terjadi eskalasi di Taiwan," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha yang dikutip dari perbincangannya bersama Pro 3 RRI, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, kontijensi darurat ini bukan sesuatu hal yang luar biasa. Hal itu lantaran setiap perwakilan RI perlu memiliki sebuah kontijensi untuk mengantisipasi kedaruratan jika terjadi eskalasi di wilayah tersebut.

"Ini sesuai dengan Permenlu Nomor 5 Tahun 2018," ujarnya.

Dia mencontohkan rencana kedaruratan pernah dilakukan Kemlu saat evakuasi WNI dari Ukraina. Menurutnya, KBRI Kyiv pada saat itu memang sudah memiliki rencana kontijensi.

"Sehingga ketika terjadi kedaruratan eskalasi situasi teman-teman di KBRI dan juga WNI di Ukraina saat itu sudah memahami apa yang harus dilakukan," kata Judha memaparkan.

Hingga kini, kata Judha, Kemlu terus memantau WNI di Taiwan. Dia memastikan kondisi WNI di Taiwan relatif kondisi mereka tetap aman dan tetap tenang.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar