Nasional

Ini Penjelasan BI soal Uang Baru Edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka yang lagi Viral

Anjar Anjar
Ini Penjelasan BI soal Uang Baru Edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka yang lagi Viral

Tampilan Uang Baru Edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (Kredit Foto via Liputan6.com)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Minggu (16/8/2020) malam sempat beredar dan viral di media sosial mengenai bocoran tampilan uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI).

Melansir Liputan6.com, dari gambar yang beredar, tampak muka dari uang baru itu bergambar proklamator Republik Indonesia Soekarno-Hatta. Di bawah gambar proklamator tersebut terdapat gambar moda transportasi yang dibanggakan masyarakat Indonesia, yaitu MRT.

Ada dua pihak yang tampak menandatangani uang baru tersebut, yaitu Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Uang yang diduga edisi khusus tersebut memiliki pecahan Rp 75 ribu. Menariknya, tulisan Rp 75 ribu tersebut seperti terpisah. 75 dengan angka yang besar dan menyusul di belakangnya 000 dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Hal ini seperti menunjukkan rencana redenominasi dengan memangkas nol.

Sedangkan tampak belakang uang ini adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana peluncuran uang baru tersebut.

“Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru,” ucap Rahayu kutip Liputan6.com, Minggu (16 /8/ 2020).

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...