Nasional

Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 yang Akan Segera di Buka

Anjar Anjar
Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 yang Akan Segera di Buka

Ilustrasi: (Infografis/ Kartu Pra-Kerja Gelombang 16/ Edward Ricardo)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Pemerintah akan segera membuka pendaftaran gelombang ke-17 untuk kartu prakerja di semester pertama tahun ini. Meski belum dipastikan tanggal pastinya, namun pembukaan ini dilakukan jelang paruh pertama 2021 berakhir.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan jumlah peserta yang akan diterima pada gelombang baru in akan bergantung pada jumlah peserta yang tidak mengikuti pelatihan pada gelombang sebelumnya.

"Tunggu saja pengumumannya, tapi karena memang mandatnya Rp 10 triliun pertama harus selesai di semester I, jadi pasti (pembukaan batch 17) kita lakukan di semester I," kata Denni pekan ini.

Setidaknya akan terdapat 44 ribu kuota untuk calon peserta yang berasal dari peserta Prakerja gelombang 12-16 yang dicabut kepesertaannya. Untuk kuota tambahan masih menunggu arahan dari pemerintah karena harus menyesuaikan dengan anggaran yang digelontorkan.

"Kami hanya menunggu keputusan dari pemerintah. Kalau pemerintah mengatakan perlu ditambah lagi anggaran untuk membantu masyarakat lebih banyak, kami siap," jelasnya.

Lalu bagaimana cara mendaftarnya?

Pendaftaran kartu prakerja ini bisa dilakukan melalui situs prakerja.go.id. Bagi yang sudah sempat membuat akun dan sudah terverifikasi namun belum terpilih tinggal login prakerja.go.id dan pilih 'gabung'.

Peserta dari program ini mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rinciannya, sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, lalu insentif totalnya Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 per bulan diberikan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...