Nasional

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri Menyinggung Soal Pengelolaan Sampah Di Jakarta

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri Menyinggung Soal Pengelolaan Sampah Di Jakarta

Megawati. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman


Jakarta,PESISIRNEWS.COM " Masalah sampah di jakarta Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyinggung, Dirinya mencontohkan negara Jepang yang bisa mengelola sampah dengan baik.

"Saya sudah sampai pernah berbicara kepada Pak Jokowi ketika dia masih jadi gubernur, kepada Pak Ahok, Pak Djarot saya contohkan untuk Jakarta yang jadi ibu kota republik kita ini saya bilang apa kita tidak bisa urusan sampah ini mencontoh Jepang?" katanya dalam webinar penghargaan Kalpataru, Kamis (7/1).


Menurutnya, negeri matahari terbit sudah diakui dalam pengelolaan sampah. Pemerintahnya juga mengurangi tempat-tempat sampah di tempat umum.

"Negara Jepang itu diakui seperti organisasi sampah yang sukses, karena terakhir saya ke Jepang saya lihat ibu-ibu selalu bawa kantong, ternyata oleh pemerintah makin dikurangi tempat sampah di tempat umum," ucap Presiden ke-5 RI ini.

Mega mengatakan, masyarakat di negeri sakura selalu membawa kantong untuk memasukkan sampahnya setelah ia mengkonsumsi sesuatu. Sampahnya ia bawa ke rumah.

"Ternyata masyarakatnya itu diminta apa yang menjadi makanan nanti masukan ke kantong itu untuk dibawa pulang, mereka sudah bisa membuat pengorganisasian bahwa semua sampah itu berhentinya hanya di rumah, di rumah itu dipilah pilah, kok enggak ada ya pikiran kita seperti itu?" ujarnya. (mdk)

Penulis: pesisirnews.com