Nasional

Mendikbud Nadiem Makarim Dorong Daerah 3T Segera Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Anjar Anjar
Mendikbud Nadiem Makarim Dorong Daerah 3T Segera Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Mendikbud Nadiem Makarim. (Kompas TV)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mendorong sekolah yang berada di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) bisa segera memulai pembelajaran tatap muka, namun dengan berbagai pertimbangan.

Dasar dari anjuran ini dikatakan Menteri Nadiem mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang terakhir, yang mendelegasikan hal ini ke masing-masing pemerintah daerah.

Pemda bisa segera mengakselerasi keputusan ini, karena tidak sedikit daerah-daerah yang memang kesulitan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring.

"Kita memberikan hak kembali ke kepada Pemda. Tapi tentunya dengan persetujuan kepala sekolah dan komite sekolah," kata Mendikbud dalam acara diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Merdeka Belajar, Transformasi Pendidikan Indonesia", ujarnya, Jumat (22/1) di Jakarta.

Seluruh Pemda di level provinsi dan kabupaten punya hak untuk membuka tatap muka sekolah. Mereka dikatakan Menteri bisa mengambil diskresi, dimana area- area yang mungkin relatif lebih aman dari sisi Covid-19, tapi juga daerah-daerah yang relatif sangat sulit melaksanakan pelajaran secara daring.

"Jadi di wilayah 3T atau daerah-daerah yang sangat sulit untuk melaksanakan PJJ, itu sebaiknya sekolah tatap muka segera bisa dilakukan," anjur Nadiem.

Untuk itu, pihaknya mendorong terutama bagi Pemda-Pemda di daerah 3T bisa mengakselerasi secepat mungkin untuk bisa melakukan tatap muka, karena di daerah-daerah tersebut itulah pelajaran secara daring yang paling sulit dilakukan.

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...