Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan Janjikan 3 Hal ini untuk Kesejahteraan Nelayan, apa Saja?

Anjar Anjar
Menteri Kelautan dan Perikanan Janjikan 3 Hal ini untuk Kesejahteraan Nelayan, apa Saja?

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: VIVA / Willibodus)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, menjanjikan hal baru kepada para nelayan. Hal itu dia katakan di sela kunjungan kerjanya ke lokasi Lumbung Ikan Nasional di Maluku, belum lama ini.

Trenggono menyampaikan, terobosan itu yakni kementerian yang dipimpinnya akan membuatkan program uang pensiun kepada nelayan.

"Nelayan yang bekerja di situ harus memiliki tiga hal yang selalu saya canangkan. Nomor 1 adalah asuransi kecelakaan, nomor 2 asuransi kesehatan, dan tunjangan hari tua. Jadi nelayan dimulai di 3 WPP LIN ini, adalah nelayan yang memiliki pensiun di hari tuanya, saat tidak melaut lagi. Nah ini harus disiapkan," kata Trenggono seperti dikutip VIVA, Selasa (9/2/2021).

Trenggono mengatakan, jaminan hari tua termasuk asuransi kesehatan dan kecelakaan di dalamnya akan dimulai di provinsi sebelah Timur Indonesia tersebut. Ia pun dalam kesempatan itu berdialog dengan perwakilan nelayan dan mendapati cerita tentang potensi ikan tuna di sana.

Ia juga menargetkan adanya transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal-kapal perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuannya semata-mata demi peningkatan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, serta menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...