Nasional

Pemerintah Siapkan Skema Gaji PNS Terbaru Beserta Besaran Tunjangannya


Pemerintah Siapkan Skema Gaji PNS Terbaru Beserta Besaran Tunjangannya

Ilustrasi: Gaji PNS. (Liputan6.com)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Kementerian/Lembaga (K/L) negara di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat ini berencana menyusun dan merombak komponen gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penghasilan PNS ke depan, yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen, disederhanakan menjadi hanya terdiri dari komponen gaji dan tunjangan.

Formula gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan. Sementara untuk formula tunjangan PNS meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Kemudian, rumusan tunjangan kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS. Sedangkan rumusan tunjangan kemahalan didasarkan pada indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Hayomo Dwi Putranto mengatakan pihaknya tengah mempercepat perumusan kebijakan sebagai bagian dari proses gaji PNS, salah satunya dengan melakukan reformasi sistem pangkat dan penghasilan. Termasuk di dalamnya gaji dan tunjangan, serta fasilitas PNS.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar