Nasional

Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, ini Prakiraan Formasi Jabatan CPNS 2021 untuk Lulusan SMA

Anjar Anjar
Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, ini Prakiraan Formasi Jabatan CPNS 2021 untuk Lulusan SMA

Ilustrasi: Pendaftaran CPNS. (SSCN.BKN.GO.ID)

Pesisirnews.com - Pemerintah sejauh ini optimis bahwa proses pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka pada Maret mendatang, dimulai dengan penetapan jumlah formasi.

"Rencananya, bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Juni mulai dilakukan seleksi," kata Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko dikutip dari Tribun Jakarta pada Kamis (11/2/2021).

Sebagaimana dikabarkan, ada perbedaan dalam penerimaan CPNS di tahun ini, yaitu mengenai penghapusan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada formasi guru.

Sebagai gantinya, status formasi guru beralih menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Adapun total jumlah formasi yang dibuka pada penerimaan CPNS 2021 mencapai 1,3 juta orang.

Namun menjelang pendaftaran yang direncanakan pada April 2021, pemerintah masih belum mengeluarkan pengumuman untuk formasi jabatan yang akan dibuka.

Sejauh ini diketahui, Kementrian PANRB telah mengirimkan usulan rencana kebutuhan ASN untuk tahun 2021, dan sedang menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kementerian PANRB saat ini sudah mengirimkan surat pertimbangan teknis kepada Menkeu dan sudah memperoleh surat pertimbangan teknis tersebut. Pada intinya Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021," kata Teguh dikutip dari Kompas.com, Minggu 21 Februari 2021.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...