Nasional

Peran Penting Pemerintah Daerah dan Desa/Kelurahan dalam Transformasi Digital Ekonomi

Anjar Anjar
Peran Penting Pemerintah Daerah dan Desa/Kelurahan dalam Transformasi Digital Ekonomi

Wamendagri John Wempi Wetipo (tengah). (Foto: Puspen Kemendagri)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo berharap pemerintah daerah (Pemda) dan desa dapat berperan penting dalam transformasi digital serta ekonomi.

Upaya tersebut dipandang menjadi langkah nyata dalam mendukung pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Untuk memperkuat langkah tersebut, Wempi menilai perlunya ketersediaan data yang valid. Selain itu juga didukung dengan sistem yang kapabel serta kebijakan ataupun regulasi yang mampu menjawab berbagai permasalahan yang dialami.

Karenanya, Wempi mengingatkan berbagai pihak mengenai pentingnya data dan informasi desa/kelurahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi anggaran.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mendorong pengelolaan data profil desa dan kelurahan (Prodeskel) serta menjadikan data Prodeskel sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan anggaran agar lebih optimal dan terarah,” ujar Wempi pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah dalam rangka Penguatan Kelembagaan Desa dan Kelurahan, dan Penyerahan Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2022, di Aula Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (24/11).

Wempi menjelaskan, Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga telah melakukan digitalisasi dalam aspek penguatan pengelolaan keuangan desa. Langkah tersebut disempurnakan dengan pembaruan penyesuaian kebutuhan kebijakan dan perkembangan teknologi informasi dalam penerapan serta pengembangan sistem keuangan desa (Siskeudes).

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f