Nasional

PNS Wajib Perhatikan PP 94/2021 tentang Disiplin PNS dan Sanksi Bagi PNS yang Melanggarnya

Anjar Anjar
PNS Wajib Perhatikan PP 94/2021 tentang Disiplin PNS dan Sanksi Bagi PNS yang Melanggarnya

JAKARTA, Pesisirnews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Regulasi ini memuat mengenai kewajiban dan larangan serta hukuman disiplin bagi PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan tersebut.

Ditegaskan dalam peraturan ini, PNS wajib menaati kewajiban dan menghindari larangan yang sebagaimana tercantum dalam Pasal 2 sampai dengan Pasal 5.

PNS yang tidak menaati ketentuan tersebut, dapat dijatuhi hukuman disiplin, mulai dari hukuman ringan, sedang, hingga berat.

“PNS yang tidak menaati ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 sampai dengan Pasal 5 dijatuhi hukuman disiplin,” bunyi Pasal 7 peraturan yang diterbitkan pada tanggal 31 Agustus 2021.

Tingkat hukuman disiplin PNS dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu ringan, sedang, dan berat.

Jenis hukuman disiplin ringan dapat berupa: - teguran lisan; - teguran tertulis; atau - pernyataan tidak puas secara tertulis. Sedangkan jenis hukuman disiplin sedang dapat berupa: - pemotongan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 25 persen selama enam bulan; - pemotongan tukin sebesar 25 persen selama sembilan bulan, atau - pemotongan tukin sebesar 25 persen selama 12 bulan.

Adapun jenis hukuman disiplin berat dapat berupa: - penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan; - pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan; atau - pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Semua ketentuan mengenai tingkat dan jenis hukuman disiplin PNS ini tercantum dalam Pasal 8.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar