Nasional

Presiden Jokowi Pastikan Kehadiran Presiden Putin pada KTT G20 di Indonesia

Anjar Anjar
Presiden Jokowi Pastikan Kehadiran Presiden Putin pada KTT G20 di Indonesia

Presiden Jokowi memberikan keterangan terkait posisi Indonesia yang memegang Presidensi G20, Jumat (29/4/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)

JAKARTA (P esisirnews.com ) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan hadir dalam KTT G20 yang berlangsung di Indonesia pada November mendatang.

Keterangan itu disampaikan Presiden Jokowi setelah menghubungi dan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon.

“Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir,” ucap Jokowi, Jumat (29/4).

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa undangan Indonesia kepadasejumlah negara untuk hadir dalam KTT G20 didasari karena Indonesia tidak ingin ada perpecahan.

“Saya ingin menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan, perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,” tegasnya.

Presiden Jokowi lebih lanjut menambahkan, saat berkomunikasi dengannya, Putin memberikan informasi terkini mengenai situasi di Ukraina.

“Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina. Saya kembali penting segera diakhiri,” tegasnya.

“Saya juga agar solusi damai dapat terus dikepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya perdamaian tersebut,” tambahnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar