Nasional

Sempat Diduga Diretas, Ternyata Laman Resmi Presiden Belum Bayar Domain


Sempat Diduga Diretas, Ternyata Laman Resmi Presiden Belum Bayar Domain

Tangkapan layar pemberitahuan situs presiden.go.id mulai Rabu (23/11/2022) pukul 19.15 tidak bisa diakses (kiri) dan laman presiden.go.id yang sudah berfungsi kembali. (PNC/ANTARA)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin menegaskan laman resmi untuk situs web Presiden Jokowi adalah presidenri.go.id.

"Kami sangat menyayangkan pemberitaan seperti ini (diretas) yang tidak ada konfirmasi ke kami, padahal alamat resmi adalah presidenri.go.id," kata Bey dikutip Antara di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC mengungkapkan pada hari Rabu pukul 19.15 situs presiden.go.id tidak bisa diakses bukan karena diretas, melainkan belum bayar domain.

Saat dibuka, lama presiden.go.id hanya menampilkan pengumuman berlatar warna putih dan abu-abu.

Pada kotak pengumuman, tertulis "MOHON KEMBALI DI LAIN WAKTU. Maaf, situs yang anda coba akses saat ini tidak tersedia karena sedang dalam proses penyelesaian pembayaran sewa nama domain. Jika Anda adalah pengunjung situs ini, silakan menghubungi pengelola domain situs ini."

"Jika Anda adalah pengelola domain situs ini, silakan klik di sini untuk melakukan permohonan invoice," demikian tertulis dalam kotak keterangan sambil mencantumkan nomor kontak WhatsApp atas nama PANDI untuk informasi lanjutan, dan WhatsApp Kominfo untuk penyelesaian administrasi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar