Nasional

Simak Penerima Gaji ke-13 Tahun 2022 yang Akan Cair pada Juli dan Besarannya

Anjar Anjar
Simak Penerima Gaji ke-13 Tahun 2022 yang  Akan Cair pada Juli dan Besarannya

Ilustrasi: Gaji ke-13. (Int)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Gaji ke-13 adalah tambahan penghasilan bagi PNS dengan menggabungkan beberapa komponen seperti gaji pokok, tunjangan melekat, serta tunjangan kinerja (tukin).

Adapun tunjangan melekat, terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, serta tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum.

Sedangkan untuk teknis pengaturan pemberian gaji ke-13 akan dilakukan melalui Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) untuk yang bersumber dari APBN, serta Peraturan Kepala Daerah (Perkada) untuk yang bersumber dari APBD.

Dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Kemenkeu pada pertengahan April lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampakan pemberian gaji ke-13 akan diberikan pada Juli yang tujuannya untuk membantu seluruh aparatur, terutama saat menjelang tahun ajaran baru.

"Pengaturan pemberian THR di dalam PP Nomor 16/2022 tersebut juga mengatur pemberian gaji ke-13 ini seperti yang selama ini dilakukan tujuannya untuk membantu seluruh aparatur terutama saat menjelang tahun ajaran baru pada Juli," ujar Menkeu kala itu.

Siapa saja penerima gaji ke-13?

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022, daftar penerima gaji ke-13 adalah sebagai berikut:

  • - Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
  • - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • - Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
  • - Pejabat negara
  • - Pensiunan
  • - Penerima pensiun
  • - Penerima tunjangan

Kendati demikian, ada dua kelompok ASN yang tidak mendapatkan gaji ke-13. Pertama, ASN yang sedang cuti di luar tanggungan negara, dan kedua, ASN yang sedang bertugas dengan gaji ditanggung oleh instansi yang menugaskan.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar