Nasional

Wakil Ketua MPR Berharap Perayaan Natal Bangkitkan Kembali Nilai-nilai Kebhinekaan dan Toleransi

Anjar Anjar
Wakil Ketua MPR Berharap Perayaan Natal Bangkitkan Kembali Nilai-nilai Kebhinekaan dan Toleransi

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). (Foto via inibaru.id)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan perayaan Hari Natal merupakan momentum untuk membangkitkan kembali nilai-nilai toleransi dan kebhinekaan.

Rerie menegaskan pentingnya rasa saling menghormati antarumat beragama. "Pada peringatan Natal di tengah suasana pandemi Covid-19 ini, saat yang tepat untuk meningkatkan kembali nilai-nilai toleransi, persatuan, saling menghormati antar umat beragama dan kebhinnekaan kita," katanya dalam keterangan tertulis, yang dikutip dari kompas.com, Jumat (25/12/2020).

Disebutkan Rerie, nilai-nilai kebangsaan yang ada dalam Pancasila hingga UUD 1945, seperti persatuan dan kebersamaan, harus senantiasa dirawat melalui perilaku sehari-hari. Perayaan Natal pun dinilai jadi momentum untuk mengamalkan nilai-nilai tersebut.

"Kerukunan antar umat beragama itu sudah dicontohkan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Jadi saya kira kita mampu untuk menjaga nilai-nilai toleransi itu tetap utuh," ujar Rerie.

Selain itu, Rerie mengingatkan para umat Kristiani yang merayakan Natal di masa pandemi Covid-19 agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dia mengatakan kesehatan bersama merupakan prioritas. Ia juga berharap seluruh elemen bangsa bersatu menebar kebaikan, dalam hal ini salah satunya dengan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan masing-masing.

"Upaya pencegahan yang dilakukan aparat keamanan dan pemerintah tidak akan berhasil bila tidak ditopang kesadaran dan pengorbanan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," ucap Rerie.

Sumber: (kompas.com)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...