Nasional

Wapres: Jadikan Ramadan 1443 H Momentum Perkuat Solidaritas Kemanusiaan dan Persaudaraan


Wapres: Jadikan Ramadan 1443 H Momentum Perkuat Solidaritas Kemanusiaan dan Persaudaraan

Wapres K.H. Ma’ruf Amin. (Foto: wapresri.go.id) 

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Saat ini umat Islam di seluruh dunia, tengah diselimuti kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Selama sebulan ke depan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa yang diakhiri dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Kepada segenap umat Islam di seluruh tanah air, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berpesan agar menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk menguatkan solidaritas kemanusiaan dan persaudaraan. Terlebih saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Bulan Ramadan merupakan momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” pesan Wapres dalam tayangan video ucapan menyambut Ramadan 1443 Hijriah, Sabtu (2/4/2021).

Tidak hanya itu, Wapres juga mengajak seluruh umat Islam Indonesia agar menjadikan Ramadan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan untuk memperbanyak sedekah termasuk juga mengeluarkan zakat maal.

“Jangan menjadikan bulan Ramadan sebagai bulan yang lebih konsumtif tapi bulan keprihatinan,” pesannya.

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa berpuasa di bulan Ramadan bukan sekedar menahan diri dari makan dan minum. Namun lebih dari itu, di dalamnya terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan.

“Puasa adalah ibadah yang tidak terlihat, yang hanya diketahui oleh diri yang berpuasa sendiri dan Allah SWT,” ujarnya.

Untuk itu, kata Wapres, saat berpuasa adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

“Sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran,” imbuhnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar