Nasional

Ini Alasan Mengapa Ribuan Ojol Pilih Prabowo-Sandi: Kecewa Jokowi!

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ini Alasan Mengapa Ribuan Ojol Pilih Prabowo-Sandi: Kecewa Jokowi!

Komunitas 'ojol'

Jakarta-Pengemudi ojek online (ojol) semakin banyak di Indonesia. Jumlahnya bisa puluhan ribu. Mereka merupakan mesin pemenangan bagi calon presiden pada Pilpres 2019. Satu per satu kelompok ojol merapat ke kubu capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Salah satunya yang tergabung dalam Forum Gabungan Roda 02 (Forgab Roda 02). Mereka mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo Subianto Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2019.
Zulfikar, juru bicara Forgab Roda 02, menilai pemerintahan Jokowi saat ini abai terhadap kesejahteraan pengemudi ojek online. Pada 2016, kata Zulfikar, para pengemudi ojek online merasakan bahwa kebijakan aplikator-aplikator penyedia layanan transportasi online tak berpihak pada mitra pengemudi. Pengemudi ojek online pun sempat melakukan demo hingga mediasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat.
"Puncaknya adalah sebagian teman-teman hadir ke Istana dan duduk bareng dengan Presiden Republik Indonesia. Tidak ada hasil yang kami dapatkan, malah kebijakan-kebijakan, yang sebagian besar teman-teman rasakan, malah lebih buruk dari sebelum-sebelumnya," kata Zulfikar di posko Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi, Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.
Zulfikar juga mengungkap alasan lain soal dukungan komunitasnya terhadap Prabowo. Alasan itu, kata dia, terjadi saat peringatan hari buruh 1 Mei 2018 di Istora Senayan, Jakarta. Peringatan itu dihadiri langsung oleh Prabowo.
Ia menuturkan komunitasnya melihat harapan-harapan baru di dalam kontrak politik Prabowo dengan kaum buruh saat itu. Di kontrak itu, kata Zulfikar, pada poin ke 8 disebutkan bahwa Prabowo akan memperjuangkan kesejahteraan dan nasib ojek online maupun regulasinya. "Harapan kami kepada bapak Prabowo Subianto mudah-mudahan akan terwujud," ujar dia.
Forgab Roda 02, kata Zulfikar, di dalamnya terdiri dari komunitas-komunitas ojek online dari Jabotabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. Ia mengatakan jumlah anggotanya sekitar 12 ribu pengemudi. "Kalau semua anggota kami bawa, saya pastikan tidak akan cukup tempatnya," kata Zulfikar.

Penulis: Haikal

Sumber: Duta.co

loading...