Nasional

Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Gubernur Riau dan Bengkulu

pesisirnews.com pesisirnews.com
Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Gubernur Riau dan Bengkulu

Presiden Jokowi lantik Gubernur Bengkulu dan Riau Definitif. (Foto:Jihad Akbar/kumparan)

Presiden Joko Widodo melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Gubernur Riau dan Rohidin Mersyah sebagai Gubernur Bengkulu. Mereka sebelumnya merupakan wakil gubernur yang menjadi Plt Gubernur di masing-masing daerah.

"Apakah saudara-saudara beragama Islam? Bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah berdasarkan agama Islam?" kata Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/12).

Pertanyaan Jokowi itu kemudian dijawab oleh Wan Thamrin dan Rohidin. Jokowi selanjutnya melakukan pengambilan sumpah jabatan.

Pelantikan Gubernur Riau berdasarkan surat Keputusan Presiden No 214/P tentang Pengangkatan Gubernur Riau. Sementara Pelantikan Gubernur Bengkulu berdasarkan surat Keputusan Presiden No 215/P tentang Pengangkatan Gubernur Bengkulu.

Rangkaian upacara pelantikan dimulai dari penyerahan petikan Keputusan Presiden RI untuk kedua gubernur di Istana Merdeka. Penyerahan dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB.


{image.title}

Presiden Jokowi lantik Gubernur Bengkulu dan Riau Definitif. (Foto:Jihad Akbar/kumparan)

Selanjutnya, Wan Thamrin dan Rohidin mengikuti kirab yang dipimpin oleh Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Kirab berjalan kaki dilakukan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara yang berjarak sekitar 300 meter.

Sesampainya di Istana Negara, Jokowi lantas mengambil sumpah Wan Thamrin dan Rohidin. Sumpah tersebut kemudian diulangi oleh Wan Thamrin dan Rohidin.

Wan Thamrin akan menduduki jabatan Gubernur Riau sisa masa jabatan 2014-2019. Sementara Rohidin akan menjadi Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan 2016-2021.

Wan Thamrin Hasyim menggantikan posisi Arsyadjuliandi Rachman yang kalah di Pilgub Riau 2018 dan mengundurkan diri lantaran maju sebagai caleg DPR RI. Hal ini dilakukan lantaran gubernur terpilih Riau, Syamsuar-Edy Natar Nasution, akan dilakukan pada 20 Februari 2019.

Sementara, Rohidin Mersyah yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Bengkulu. Ia menggantikan posisi Ridwan Mukti sebagai gubernur Bengkulu untuk sisa masa jabatan 2016-2021.

Ridwan Mukti lengser sebagai gubernur Bengkulu usai di-OTT oleh KPK pada Juni 2017. Ridwan diduga menerima suap dua proyek peningkatan jalan di Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 4,7 miliar.

Dalam pelantikan ini tampak hadir sejumlah menteri. Antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Menpan RB Syafruddin, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Penulis: Haikal

Sumber: Kumparan

loading...