Nasional

Tiba di Palangkaraya, Jokowi Langsung Tinjau Sekolah Aman Asap


Tiba di Palangkaraya, Jokowi Langsung Tinjau Sekolah Aman Asap
Ilustrasi
Presiden Jokowi tiba di Palangkaraya
PALANGKARAYA, PESISIRNEWS.COM - Presiden Jokowi tiba di Palangkaraya, Kalimantan Tengah usai berkunjung tiga hari di Sumatera Selatan dan Jambi. Jokowi langsung meninjau sekolah aman asap.

Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, sekitar pukul 10.45 WIB, Sabtu (31/10/2015). Rombongan langsung meninjau SD 8 Pahandut Kota Palangkaraya di Jl Dr Murjani, Gang Purwosari, Kota Palangkaraya.

Untuk mencapai lokasi SD, Jokowi beserta rombongan harus melintas pemukiman padat penduduk yang rata-rata rumah panggung yang terbuat dari kayu. Jalurnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Di bawahnya rawa-rawa.

SD 8 Pahandut juga terbuat dari kayu. Termasuk lapangan upacara sekolah. Di sekolah ini terdapat satu kelas yang disebut kelas aman asap.

Kelas ini, pada bagian fentilasinya ditutupi oleh membran penyaring asap. Fungsinya menyaring asap atau udara kotor yang masuk ke kelas. Selain itu terdapat pula akuarium dan exhauts sebagai pendukung.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih, sementara Ibu Iriana yang mengenakan kebaya hijau ini masuk ke ruang kelas. Keduanya berbincang dengan sejumlah murid.

"Selamat siang anak-anak," kata Iriana menyapa anak-anak kelas 2 SD ini.

"Belajar ya biar pintar," imbuhnya.

Jokowi juga sempat bertanya soal kabut asap.

"Kemarin pas asap libur?" tanya Jokowi.

"Libur sebulan Pak," jawab para murid.

Jokowi dan Iriana kemudian membagi-bagikan buku tulis kepada anak-anak. Anak-anak berseragam pramuka yang biasanya libur pada Sabtu ini tersenyum sumringah mendapat hadiah istimewa dari orang nomor satu di negeri ini.

Jokowi dan Iriana juga sempat berfoto bersama dengan para murid. Sebelum berfoto, para siswa melakukan tepuk pramuka yang diikuti oleh Jokowi.

Usai berkunjung, Jokowi dicegat wartawan yang hendak meminta keterangan. Namun sesi doorstop hanya berlangsung sekitar 2 menit. Sebab lapangan panggung yang beralas kayu ini dikhawatirkan ambruk karena terlalu banyak orang yang berkumpul pada satu titik.

"Pertama, alhamdulilah sampai di sini di Palangkaraya, daerah bagus. Kita mau lihat Pulang Pisau cek pembuatan kanal bersekat, nanti akan kita pakai untuk pembuatan yang akan datang," ungkapnya.

Ikut mendampingi Jokowi di antaranya Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Menteri PU Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Mendikbud Anies Baswedan, Menkes Nila Moeloek, dan Menteri LHK Siti Nurbaya. (rio)

Sukai Fan Page Facebook Pesisirnews.com, untuk mendapatkan berita terbaru. Silahkan Klik DISINI / Follow twiter klik DISINI

Sumber: Detik.com
Penulis: