Nasional

Fakta Puluhan Warga China Masuk Indonesia di Saat Rakyat Dilarang Mudik

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Fakta Puluhan Warga China Masuk Indonesia di Saat Rakyat Dilarang Mudik

Fakta Puluhan Warga China Masuk Indonesia. Instagram/@majeliskopi08 ©2021 Merdeka.com

PESISIRNEWS.COM - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 menegaskan, kegiatan mudik lebaran tahun 2021 dalam bentuk apapun resmi dilarang pada tanggal 6-17 Mei. Hal ini dilakukan serta merta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.
Kendati demikian, ada hal paradoks yang justru terlihat beberapa waktu lalu nampak beredar video viral mengenai Warga Negara Asing (WNA) China yang diketahui baru saja mendarat melalui Bandara Soekarno Hatta.

Peran dan ketegasan Pemerintah dipertanyakan. Lalu, apa kata pihak-pihak terkait mengenai hal ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Larangan Mudik
Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 secara tegas dan jelas, melarang segala bentuk kegiatan mudik yang telah menjadi kebiasaan masyarakat. Menurutnya, mudik lokal merupakan bentuk lain dari mobilitas masyarakat sehingga juga tetap dilarang.

"Untuk memecah kebingungan yang ada di masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi, saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik. Baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi," jelas Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (6/5).

Kebijakan ini secara lebih lanjut mengatur sejumlah wilayah aglomerasi seperti Sulawesi Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Halaman :
Penulis: Pesisirnews.com

loading...