Nasional

Viral Di Medsos Beli Minyak Goreng Pakai KK dan Kartu Vaksin

pesisirnews.com pesisirnews.com
Viral Di Medsos Beli Minyak Goreng Pakai KK dan Kartu Vaksin

Beli Minyak Goreng Wajib Vaksin Foto: Dok. Istimewa

Jakarta - Viral sebuah postingan di Instagram terkait syarat khusus untuk bisa membeli minyak goreng di mini market. Hal ini menjadi perhatian warganet.

Dalam postingan yang diunggah, Minggu (20/02/2022) oleh @video_medsos itu membagikan foto mengenai pengumuman di sebuah mini market mengenai pembelian minyak goreng.

Dalam postingan itu memperlihatkan sebuah gambar minyak goreng di sebuah rak mini market dengan keterangan pengumuman bertuliskan "Perhatian!!! pembelian minyak kelapa harga subsidi wajib sertakan "fotocopy kartu keluarga dan bukti vaksin".

Komentar kalian apa bosku?" tanya akun @video_medsos sebagai keterangan dalam postingan Instagram tersebut.

Maksud tulisan itu adalah himbauan sekaligus aturan bagi masyarakat yang ingin membeli minyak goreng, yang harus menunjukkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan bukti vaksin.

Syarat tersebut diberikan akibat imbas kelangkaan minyak goreng yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia saat ini. Aturan ini diberikan bagi masyarakat yang berniat membeli minyak kelapa harga subsidi.

Sontak postingan itu pun berhasil menarik netizen untuk berkomentar. Banyak dari para warganet yang memprotes syarat tersebut karena dinilai tidak masuk akal.

"Kurang lengkap harusnya sama kartu BPJS," tulis akun Instagram @ahm.fal_v6 dikutip detikcom (21/02/2022)

"Kebijakan baru negeri dagelan," tulis @febrians_yp.

Selain pengumuman tertulis tersebut, mini market ini juga memberikan informasi tambahan berupa tempelan kertas terkait program pemerintah tentang pembelian minyak goreng.

Dalam informasi tambahnya, mini market ini rupanya juga melayani pembelian minyak goreng seharga Rp 14 ribu per liter. Karena itu, beberapa merek minyak goreng disamakan harganya yakni, Rp 14 ribu per liter. Namun, pembelian dibatasi. Seperti untuk kemasan 1 liter, maksimal hanya boleh membeli 2 pcs/merek/struk.

Sedangkan, untuk ukuran 2 liter dan 5 liter maksimal hanya boleh membeli 1 pcs/mereka/struk, dan ukuran 2 liter dihargai dengan Rp 28 ribu dan Rp 70 ribu untuk ukuran 5 liter.

Belum diketahui dengan jelas lokasi mini market yang meminta syarat fotocopy KK dan bukti vaksin dalam postingan itu. Adanya postingan tersebut pun telah mengundang beragam tanggapan para warganet mempertanyakan hubungan antara membeli minyak goreng dengan KK dan vaksinasi.(detik).

Penulis: pesisirnews.com