Olah Raga

Ketum PSSI Edy Rahmayadi Mundur, Erick Thohir Calon Kuat Ketua Umum PSSI Baru

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Ketum PSSI Edy Rahmayadi Mundur, Erick Thohir Calon Kuat Ketua Umum PSSI Baru

Edy Rahmayadi resmi mengundurkan diri dari posisi jabatan ketua umum PSSI dalam kongres tahunan PSSI di Bali, Minggu, 20 Januari 2019. Joko Driyono ditunjuk olh Edy untuk mengisi kursi kepemimpinan PSSI.


Keberadaan Joko sebagai pelaksana tugas ketua umum PSSI bisa berlangsung hingga pemilihan ketua umum selanjutnya pada 2020. Namun, jika ada 2/3 pemilik suara menghendaki Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menggelar pemilihan ketua umum lebih cepat maka PSSI harus segera mengakomodasi keinginan tersebut.


Seandainya ada permintaan dari pemilik suara maka setidaknya PSSI harus membentuk panitia KLB dalam dua bulan ke depan dan KLB baru dapat diselenggarakan dalam empat sampai enam bulan.


Salah satu tokoh yang mendapat dukungan dari publik untuk menduduki kursi PSSI 1 adalah Erick Thohir, seperti yang terdapat dalam situs petisi daring Change.org.


Dalam petisi yang digagas Wira Adikusuma, mantan orang nomor satu di klub sepak bola Inter Milan itu dinilai memahami sepak bola, berpengalaman, profesional, bersih, kredibel, dan netral.


Petisi bertajuk 'Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI' berharap didengar oleh Presiden RI Joko Widodo.


Hingga pukul 10.05 WIB sudah ada 1.300 dukungan kepada Erick Thohir yang kini tercatat menjadi wakil komisaris Persib Bandung dan pemilik klub bola basket Satria Muda.


Hingga Kongres PSSI 2019 ditutup tidak ada keputusan tentang penyelenggaraan KLB, namun di luar Kongres beberapa pemilik suara seperti perwakilan klub dan asosiasi provinsi (asprov) tetap mewacanakan pelaksanaan KLB.


"Agar KLB tidak terganggu. Ini harus diselesaikan dahulu sebelum Liga 1 dimulai," ucap Umuh Muchtar.

Penulis: Zanoer

Sumber: Finroll.com