Olah Raga

Ketum PSSI Pengganti Edy Rahmayadi

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Ketum PSSI Pengganti Edy Rahmayadi

Joko Driyono

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menggantikan sementara posisi jabatan Ketua Umum PSSI yang ditinggal Edy Rahmayadi.


Penunjukan Joko dilakukan secara simbolis oleh Edy Rahmayadi dengan penyerahan bendera PSSI pada acara Kongres Tahunan PSSI di Bali, Ahad (20/1/2019).


"Saya mundur, otomatis wakil ketua PSSI mengemban tugas sampai beres, saya tak mau ada yang mengkhianati (keputusan ini)," ujar Edy dalam ucapan pengunduran dirinya.


Seperti diketahui, pada awal tahun lalu, Joko juga menempati kursi pelaksana tugas harian Ketua Umum PSSI, yang juga ditunjuk oleh Edy.


Tapi di tahun lalu penunjukan itu tak terlepas agenda cuti Edy yang mencalonkan diri sebagai calon gubernur Sumatra Utara. Kini, Edy mundur secara penuh. Walhasil, wewenang penuh sebagai ketua ada di tangan Joko.


Joko merupakan pengurus kawakan di tubuh PSSI. Dia mengawali kariernya sebagai manajer Pelita Krakatau Steel. Kemudian dia pun bergabung dalam kepengurusan PSSI. Dia mengawali kariernya dari anggota biasa hingga menduduki posisi bergengsi, seperti Sekjen PSSI, CEO PT Liga, Wakil Ketua Umum PSSI, hingga kini pejabat sementara Ketua PSSI.


Joko biasa dibilang sudah mengakar di PSSI sejak lima kepengurusan PSSI. Dia aktif semasa Azwar Anas berkuasa pada medio 1990-an, Agum Gumelar, Nurdin Halid, La Nyalla Mattalitti, hingga Edy Rahmayadi.


Nama Joko sendiri masuk sebagai salah satu tokoh yang akan dipanggil oleh Satgas Antimafia Bola bentukan Polri.

Penulis: Zanoer

Sumber: Riaumandiri.co