Olah Raga

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl meninggal dunia.

pesisirnews.com pesisirnews.com
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl meninggal dunia.

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. [AFP PHOTO / ADEK BERRY]  

PESISIRNEWS.COM - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl meninggal dunia.

Riedl meninggal dunia pada usia 70 tahun. Seperti dilansir Sport24, Selasa (8/9/2020) petang WIB, juru taktik berpaspor Austria itu tutup usia pada Senin (7/9/2020) malam waktu setempat.

Sebelumnya, diyakini jika Riedl meninggal lantaran masalah jantung.

Sebagai informasi, Riedl sempat menjalin kesepakatan dengan klub peserta Liga 1 2020, Persebaya Surabaya pada September 2019 lalu.

Akan tetapi, sang pelatih urung comeback melatih di Tanah Air lantaran masalah kesehatan. Dia harus menjalani operasi bypass jantung saat itu.

Kini, terkuak fakta bahwa Riedl tutup usia karena penyakit kanker. Kabar tersebut disampaikan oleh media lokal Austria, Kurier.

"Dunia sepakbola Austria berduka. Alfred Riedl meninggal dunia akibat kanker. Mantan pelatih Timnas Austria itu didampingi oleh istri tercintanya, Jola, hingga akhir hayat. Ia meninggal pada usia 70 tahun," tulis laman Kurier, Selasa (8/9/2020).

Riedl diketahui memang bergelut dengan kondisi kesehatannya dalam beberapa tahun terakhir.

Selain masalah jantung dan kanker, Riedl diketahui juga pernah menerima donor ginjal dari seorang warga Vietnam pada 2007, yakni saat ia menjadi pelatih timnas negara tersebut.

Riedl sendiri tercatat membesut Timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda, yakni 2010-2011, 2013-2014, serta 2016-2017.

Momen terbaik sang pelatih bersama Timnas Indonesia jelas adalah pada ajang Piala AFF 2010 silam. Saat itu, pelatih berambut abu-abu tersebut berhasil membawa skuat Garuda ke partai puncak.

Sayang, Timnas Senior Indonesia menyerah dari Malaysia di final.

Pada edisi 2016, Riedl kembali membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF. Namun, skuat Garuda kembali hanya jadi runner-up setelah tunduk dari Thailand di laga puncak..

Sebagai pelatih, nama Riedl sendiri sejatinya juga cukup termahsyur di persepakbolaan Asia Tenggara. Dia terbilang sukses saat menukangi Timnas Vietnam dan Laos.

Selain itu, Riedl juga pernah melatih Timnas Iran serta timnas negaranya, yakni Austria.

Beberapa pemain yang pernah dibesut Riedl di Timnas Indonesia pun langsung mengucapkan belasungkawa, di antaranya bek Gunawan Dwi Cahyo dan winger Bayu Gatra.

Selamat jalan Alfred...


Suara.com


Penulis: pesisirnews.com

loading...