Olah Raga

Wow Keren! Piala Dunia 2022 di Negara Arab Qatar, FIFA Libatkan Tiga Wasit Wanita


Wow Keren! Piala Dunia 2022 di Negara Arab Qatar, FIFA Libatkan Tiga Wasit Wanita

Ilustrasi: Wasit wanita Stephanie Frappart, pilihan FIFA untuk Piala Dunia 2022. (Foto: FIFA.com)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) membuat terobosan baru dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.

Induk Sepak bola dunia itu memastikan untuk pertama kalinya dalam sejarah, laga Piala Dunia akan dipimpin oleh wasit wanita yang akan bertugas di salah satu negara di jazirah Arab, Qatar.

Melansir dari laman resmi FIFA, Jumat (20/5/2022), ada tiga wasit wanita yang dipastikan akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022.

Mereka adalah Stephanie Frappart yang berasal dari Prancis. Sementara, dua wasit wanita lainnya adalah Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Ketua komite wasit FIFA, Pierluigi Collina menegaskan, FIFA tidak asal memilih tiga wasit wanita itu.

Tiga wasit wanita tersebut, kata dia, memiliki kualitas tidak kalah dari para wasit pria yang juga akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022.

"Seperti biasa, kriteria pertama yang kami gunakan adalah kualitas. Kami hanya memilih perangkat pertandingan dengan level tertinggi di dunia perwasitan, dan kami menegaskan bahwa kualitas jadi aspek paling penting bagi kami, dan bukannya jenis kelamin seorang wasit," kata Collina dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat.

Dalam memimpin pertandingan nanti, mereka akan dibantu oleh tiga asisten wasit wanita di setiap pertandingan.

"Untuk bisa mencapai tahap ini, kami melalui proses yang panjang, wasit wanita pertama kali digunakan di pertandingan pria dari level junior lalu perlahan ke tim senior. Saya pribadi berharap di masa depan, pemilihan perangkat pertandingan wanita untuk laga-laga penting sepakbola pria bisa dianggap normal dan tidak sesensasional (seperti) sekarang," ungkapCollina.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar