Opini

Heboh !! Penampakan Sosok Manusia Raksasa di Gunung Agung Jadi Misteri

pesisirnews.com pesisirnews.com
Heboh !!  Penampakan Sosok Manusia Raksasa di Gunung Agung Jadi Misteri
Meletusnya gunung berapi di suatu wilayah bukan hanya menyisakan luka dan duka bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak dari bencana tersebut. Bukan juga hanya kerusakan lingkungan di sekitarnya yang nantinya juga bisa berdampak positif. Letusan gunung berapi juga biasanya menlahirkan cerita-cerita misteri.

[ADSENSE]

Misalnya saja cerita mengenai petanda-petanda mistis sebelum letusan gunung terjadi, atau awan panas yang menyerupai sesuatu, bahkan penaampakan-penampakan misterius. Seperti yang terjadi saat gunung Agung meletus, terlihat penampakan sesosok manusia raksasa yang hingga kini masih menjadi misteri.


Erupsi Gunung Agung memang menyisakan ketakjuban. Dari video yang diunggah akun Twitter Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, @Sutopo_BNPB ada fenomena vulkanik yang membuat warganet berspekulasi melihat wajah raksasa.


Bentuk wajah raksasa itu muncul dari pantulan warna merah dari lava di kawah Gunung Agung dan sinar matahari yang masuk ke abu vulkanik.Eka Juliarta W melalui akunnya @Eka_Rockarta sempat menanyakan fenomena itu ke Sutopo."Kok kayak ada penampakan yaaa? Apa mata saya yang rabun?" tulis Eka.

[MGID]

Sutopo membalas pertanyaan Eka. Dia menulis, Saya juga melihat asap mirip wajah atau seseorang. Saat erupsi Merapi 2010 juga ada seperti penampakan. Apakah kebetulan? Saya tidak tahu, cuit Sutopo.


Agus Mahendra melalui akun @Agus_Mahendra memiliki jawaban terhadap fenomena itu. Dia menyebut fenomena itu merupakan persepsi otak manusia.


Itu gejala pareidolia. Otak kita mengonstruksi sesuatu yang mirip dengan susunan wajah manusia, padahal bukan, ucap Agus.


Penelitian mengenai pareidolia pernah dibuat di Finlandia. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa orang dengan kepercayaan kuat di dunia supranatural kerap melihat atau mendengar, sesuatu yang sebenarnya tidak ada.Salah satu contoh pareidolia yang paling terkenal ialah wajah di planet Mars pada 1976. Sejak itu, banyak ahli mulai berspekulasi bahwa ada kehidupan di Mars.

[ADNOW]

Tetapi, wajah di Mars itu hanya merupakan hasil ilusi yang diciptakan oleh pencahayaan yang tepat sehingga terlihat seperti wajah manusia.


Penampakan manusia raksasa misterius yang terlihat saat gunung agung meletus memang masih menjadi misteri. Bisa saja itu memang sosok misterius sungguhan, tapi bisa juga itu adalah awan atau semacamnya yang tanpa sengaja membentuk menyerupai manusia raksasa atau bisa jadi raksasa sungguhan hiiii


Sumber:

Penulis: Haikal