Politik

5 Pasangan Balon Wako Dumai Lulus Tes Kesehatan


5 Pasangan Balon Wako Dumai Lulus Tes Kesehatan
foto: dcp
Balon Wako Dumai.
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Sebanyak lima pasangan balon kepala daerah kota Dumai yang telah mengikuti tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dinyatakan memenuhi syarat kesehatan dan semuanya dinyatakan lulus tes kesehatan sebagai tahapan penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai periode 2016-2021.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dan tes kesehatan yang dilaksanakan 1 Agustus 2015 lalu di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru semuanya dinyatakan lulus dan memenuhi syarat kesehatan sebagaimana pada tahapan peserta Pilkada Serentak," ungkap Ketua KPU Dumai Darwis kepada sejumlah awak media, Selasa (4/8/2015).

Adapun lima pasangan balon kepala daerah itu diantaranya, Abdul Kasim dan Nuraini (Aksi Nurani), pasangan Zulkifli As dan Eko Suharjo, pasangan Muhammad Ikhsan dan Yanti Komala Sari, pasangan Agus Widayat dan Maman Supriadi (AgusMan) dan pasangan Amris dan Sakti (ASA) dinyatakan lolos tes kesehatan.

"Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut sudah diserahkan oleh tim dokter Minggu (2/8) dan hasilnya saya langsung yang menjemputnya dari Pekanbaru untuk disertakan sebagai salah satu syarat dalam berkas para calon," ujar Darwis di ruang kerjanya kemarin.

Lanjut Darwis, berdasarkan ketentuan PKPU 12 tahun 2015 hasil pemeriksaan kesehatan akan menjadi salah satu penentu lolos tidaknya para bakal calon untuk sampai di tahapan berikutnya. Dan hasilnya cukup memuaskan, alhasil lima balon itu dinyatakan lulus tahap tes kesehatan dan memenuhi syarat kesehatan.

"Hasil pemeriksaan kesehatan semuanya murni tidak ada intervensi dari KPU atau pihak lainnya untuk meloloskan atau menggagalkan salah satu calon, karena pelaksananya adalah IDI yang dipusatkan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan independen sesuai dengan ketentuan berlaku," terangnya.

Kemudian mengenai tahap selanjutnya, kata Darwis, KPU Kota Dumai akan melaksanakan pleno hasil penelitian berkas yang telah dilakukan tim KPU Dumai terhadap seluruh berkas yang dimasukkan masing-masing pasangan balon Walikota dan Wakil Walikota Dumai pasca saat pendaftaran.

"Pleno dilaksanakan Senin di kantor KPU Dumai. Dalam pleno jika ada berkas yang harus diperbaiki maka masing-masing pasangan balon walikota dan wakil walikota Dumai diberi kesempatan hingga 7 Agustus untuk memperbaiki berkasnya itu dan dikembali lagi ke kita," bebernya.

Sesuai tahapan Pilkada Dumai 2015, penetapan balon walikota dan wakil walikota Dumai menjadi calon walikota dan wakil walikota Dumai akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2015 mendatang.

"Setelah itu, dihari berikutnya akan dilaksanakan pencabutan nomor urut," pungkas Darwis.

Sebelumnya, lima pasangan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Dumai akan menjalani tes kesehatan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Tes kesehatan akan dilaksanakan dari 29 Juli hingga 1 Agustus 2015.

"Lima pasangan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Dumai akan menjalani tes kesehatan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Tes kesehatan akan dilaksanakan dari 29 Juli hingga 1 Agustus 2015," ujar Darwis.

Lanjutnya, di RSUD Arifin Ahmad, kelima pasangan balon walikota dan wakil walikota akan mengikuti serangkaian tes kesehatan yang akan dilakukan oleh dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang sebelumnya telah melakukan kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan tes kesehatan seluruh balon walikota dan wakil walikota Dumai.

Menurut Darwis, pasangan balon walikota dan wakil walikota akan didampingi tim teknis yang dibentuk KPU Dumai selama menjalani tes kesehatan.

Terakhir Darwis mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan meliputi kesehatan jasmani, rohani dan narkoba. (dcp)

(rik)

Penulis: