Politik

Besok KPU Bengkalis Gelar Pleno Penetapan Calon


Besok KPU Bengkalis Gelar Pleno Penetapan Calon
Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar.
BENGKALIS, PESISIRNEWS.COM - Sesuai jadwal atau tahapan Pilkada serentak, besok pagi, Senin (24/8) pukul 09.00 Wib, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis  akan melakukan pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis. Pleno tersebut akan dihadiri sejumlah udangan.

Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar mengatakan, pleno penetapan pasangan calon tersebut dilakukan oleh internal KPU, namun disaksikan oleh para undangan.

"Berita acara atau hasil pleno itu nanti langsung akan kita sampaikan. Apakah ketiganya lolos atau tidak untuk ditetapkan sebagai calon," ujar Defitri Akbar, Minggu (23/8).

Ditanya kemungkinan ada pasangan yang tidak lolos, praktisi lingkungan hidup ini menambahkan, hal tersebut bisa saja terjadi. "Untuk lebih jelasnya datang saja besok pagi ke KPU," sebut Dedek lagi.

Tahapan selanjutnya kata Dedek, setelah dilakukan penetapan pasangan calon adalah pencabutan nomor urut, yakni tanggal 26 Agusutus 2015. Jika ketiga pasangan calon dinyatakan lolos, maka ketiga pasangan tersebut yang akan mencabut nomor urut. "Artinya hanya ada tiga nomor urut, 1 sampai 3 saja," imbuh Dedek.

Terkait dengan publikasi media massa selama masa kampanye oleh masing-masing pasangan calon, kata Dedek hal itu tetap bisa dilakukan. Hanya saja berita yang disajikan harus berimbang, tidak memihak serta memenuhi etika kode etik jurnalistik.

"Berita-berita yang terbit itu akan diawasi langsung oleh komis penyiaran dan dewan pers. Artinya, kawan-kawan wartawan tetap boleh menerbitkan berita masing-masing pasangan calon, baik saat kampanye maupun tahapan lainnya, tapi tetap harus berimbang. Dan yang pasti memenuhi kode etik jurnalistik," ujar Dedek.

Sedangkan untuk iklan atau advertorial masing-masing pasangam calon, baru akan diterbitkan selama 1 hari sebelum masa tenang. Sedangkan media mana yang akan ditunjuk atau menerbitkan, ada syarat dan ketentuan yang mengatur.

"Soal media yang mana, nanti akan kita sampaikan apa saja yang menjadi sarat dan ketentuannya. Nanti akan ada undangan untuk kawan-kawan media," ujar Dedek. (bud)

Penulis: