Launching Logo dan Motto Pilkada 2015

KPU Meranti Luncurkan Senepak Sebagai Maskot

Selasa, 25 Agustus 2015 11:40 WIB
Logo dan Motto Pilkada Meranti 2015
MERANTI, PESISIRNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Senin (24/8) malam meluncurkan Senepak (Uca Puanak) sebagai dasar logo atau maskot pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Meranti.

Senepak ini merupakan hewan pesisir yang memiliki perilaku khas, selain memiliki keuletan dalam berkompetisi, Senepak juga merupakan hewan komunal (mengerjakan segala sesuatu sendiri). Filosofi ini yang dianggap sesuai dengan KPU Meranti dalam penyelenggaraan pemilihan umum yang selalu menjaga netralitas dan integritas, serta dapat membangun kompetisi yang sehat diantara para calon.

KPU mengenalkan logo atau maskot tersebut pada acara Launching Logo dan Motto Pilbup dan Wabup Meranti 2015, di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Meranti, Jalan Dorak Selatpanjang.

Sekaligus pada kegiatan tersebut, ditetapkan "Berkinyau" (Berkualitas, Kredibilitas, Nyaman, dan Unggul) sebagai Motto Pilbup dan Wabup 2015. Launching tersebut ditandai dengan dibukanyan selubung maskot oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti, H Edy Kusdarwanto.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Yusli SE, menjelaskan bahwa maskot Pilkada diambil dari tiga aspek, yakni Senepak merupakan hewan pesisir tepian pantai yang memiliki keuletan dalam berkompetisi. 

"Dari Segi Fisik, Senepak ini memiliki keunikan pada bentuk capit, matanya yang menonjol, dan corak beragam. Capit yang terlihat kokoh itu melambangkan keuletan para calon kepala daerah dalam berkompetisi. Matanya yang menonjol keluar mencerminkan tingkat antusiasme dan ketelitian masyarakat dalam memilih calon pemimpin, sedangkan ragam coraknya menggambarkan pluralisme masyarakat yang terdiri dari beragam adat dan suku," terangnya.

Sementara `Tual Sagu` melambangkan kemakmuran masyarakat Meranti. Karena sagu sendiri merupakan hasil pertanian terbaik di daerah ini yang secara kualitas sudah diakui ditingkat Nasional dan Internasional.

"Tual Sagu ini menggambarkan harapan masyarakat Meranti akan kokohnya perekonomian kedepan, dan meningkatnya kemakmuran ditangan pemimpin Meranti melalui Pilkada 9 Desember 2015 mendatang," ujar Yusli.

Dan `Tanjak` merupakan hiasan kepala tradisional melayu yang biasa dipakai oleh kaum laki-laki, "Tanjak ini mencerminkan harapan masyarakat untuk kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pesta Demokrasi ini dengan jalan tetap menjaga marwah melayu sebagai salah satu suku tempatan terbesar yang sangat religius," ujarnya lagi.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Meranti, H Edy Kusdarwanto, mengharapkan peluncuran Logo dan Motto Pilkada 2015 ini merupakan cerminan yang dimiliki masyarakat Meranti.

"Mudah-mudahan, pelaksanaan Pilkada di Meranti dapat terlaksanan dengan sukses, aman dan nyaman. Serta Kepulauan Meranti dilirik di tingkat Nasional dalam penilaian akhir Pilkada sebagai predikat terbaik Nasional," harapnya.(Adi)
Loading...
Tags

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments