Politik

PAN Bangun Strategi Hadapi Pilkada Serentak


PAN Bangun Strategi Hadapi Pilkada Serentak
JAKARTA, PESISIRNEWS.COM - Partai Amanat Nasional menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak yang rencananya akan digelar 9 Desember tahun ini. Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya akan membentuk tim khusus untuk menangani pilkada.

"Kami akan membuat pos-pos, tim khusus yang tangani Pilkada. Kalau PAN menginginkan seluruh kader turun berjuangn," kata Viva kepada wartawan usai diskusi di Restoran Gado-gado Boplo, Jl Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2015).

Menurut Viva, pemilihan kepala daerah sangat penting dalam rangka mengembangkan proses demokrasi di Indonesia. Terkait politisi yang akan dicalonkan, PAN akan memprioritaskan kader. Namun tidak menutup kemungkinan peluang bagi kader di luar PAN yang memiliki potensi.

"Kami sangat rasional bahwa kemudian calon kami (PAN) sulit (menang) ya buat apa?. Kami memang rasional dan membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mendaftarkan PAN," kata Viva Yoga.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik memastikan tidak mengalami kendala dalam mempersiapkan Pilkada serentak. Justru menurut dia, waktu persiapan yang dimiliki KPU lebih longgar dari pemilu-pemilu sebelumnya. "Sebenarnya dalam konteks Indonesia terkait Pilkada serentak, kita punya waktu agak senggang," kata Husni.

Husni membandingkan dengan pemilu tahun 1999 yang hanya disiapkan selama 6 bulan. Bahkan hasilnya sempat mendapat pujian dari internasional. Begitu juga dengan pilkada tahun 2005. Sehingga saat ini menurut Husni waktu yang dimiliki KPU cukup longgar.


Sumber: Detik.com
Penulis: