Panwaslu dan Tim Gabungan Tertibkan APK

Selasa, 01 September 2015 17:09 WIB
Panwaslu Dumai saat melakukan penertiban APK

DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), TNI/Polri serta masing-masing perwakilan tingkat Kecamatan yang dihadiri oleh Kasi Trantib melaksanakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada Senin (31/08) kemarin.

Sebelumnya Panwaslu Kota Dumai sudah menyurati seluruh pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dumai 2015 untuk melepas, mencabut atau menurunkan berbagai Alat Peraga Kampanye (APK) dalam bentuk Baleho, Spanduk ataupun Umbul-umbul hingga batas waktu 1x24jam atau hingga 30 Agustus.

Ketua Panwaslu Kota Dumai Yossi Rinaldi, penertiban APK tersebut akan dilaksanakan di tujuh Kecamatan yang ada di Kota Dumai, hanya saja ruas-ruas Jalan Protokol tetap menjadi tujuan prioritas.

Hal ini dilakukan Panwaslu, karena masing-masing pasangan Calon memang tidak diperbolehkan dan tidak dibenarkan memasang baleho atau umbul-umbul dan Alat Peraga Kampanye (APK) lainnya dijalan-jalan Protokol dan tempat lainnya kecuali di Posko miliknya, dan pemasangan APK diposko juga harus melalui dan mendapatkan persetujuan KPU Kota Dumai terlebih dahulu serta harus dipasang sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu berdasarkan PKPU 2015.

" Memang, meskipun telah melalui proses penyuratan kepada masing-masing pasangan Calon, hingga Senin kemarin, kami masih banyak menjumpai APK yang masih terpasang dibeberapa titik, terkhusus dibeberapa ruas Jalan Protokol seperti Jalan Jendral Sudirman, Jalan Tegalega dan beberapa Jalan lainnya," ujar Yossi.

Setelah melalui proses penertiban, lanjutnya, nanti seluruh APK yang telah ditertibkan pada Senin kemarin akan disimpan di Kantor Panwaslu yang bertempat di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Dumai Timur.

" Setelah melalui proses penertiban APK ini, nantinya KPU Kota Dumai lah yang akan memasang dan menggantikan APK lama dengan yang terbaru dari masing-masing pasangan Calon sesuai titik dan zona yang telah ditentukan," terangnya.

Pantauan dilapangan, tak hanya APK yang berbau dengan gambar, foto hingga program pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai saja yang dilepas, dicabut hingga diturunkan, melainkan Baleho, Spanduk serta Umbul-umbul lama terkait gambar, foto dan program Mantan Walikota dan Wakil Walikota Dumai periode 2010 - 2015 juga tak luput dari penertiban.

" Ya, masa jabatan dan programnya telah berakhir terhitung sejak 12 Agustus lalu. Selain itu, Mantan Wakil Walikota Dumai periode 2010 - 2015 lalu pun kini bakal maju dan turut serta dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang sebagai pasangan Calon, sehingga segala macam Baleho, Spanduk serta Umbul-umbul lamanya sewaktu masih menjabat sebagai Wakil Walikota Dumai pun harus ikut dicabut," tukasnya.

Penertiban APK yang melibatkan Panwaslu bersama KPU, Satpol PP dan pihak Kecamatan tersebut dimulai melalui Kantor Panwaslu Kota Dumai, kemudian dilanjutkan ke Jalan Jendral Sudirman, Tegalega, Ombak, Dock Yard, Budi Kemuliaan, Jalan Sultan Syarief Kasim dan kembali ke Kantor Panwaslu Kota Dumai sebagai tempat penyimpanan APK yang telah ditertibkan. (CP)
Loading...
Tags

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments