Politik

Pengurus PPK dan PPS se-Kota Dumai Dilantik


Pengurus PPK dan PPS se-Kota Dumai Dilantik
Pelantikan Pengurus PPK dan PPS se-Kota Dumai oleh Ketua KPU Dumai, Darwis SAg.
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai melantik pengurus Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekota Dumai, Senin (19/20/2015) sore. Pelantikan Pengurus PPK dan PPS dilakukan oleh Ketua KPU Dumai, Darwis SAg.

Selain pelantikan, dilakukan juga penandatanganan Fakta Integritas oleh KPU Kota Dumai. Prosesi pelantikan itu sendiri dilaksanakan di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur.

Masa tugas dari PPK dan PPS yang baru dilantik ini mulai diberlakukan terhitung sejak tanggal 8 Juni sampai Januari 2016 mendatang. PPK yang baru dilantik sebanyak 35 orang sedangkan PPS sebanyak 99 orang. Jadi, di masing-masing Kecamatan ada 5 orang sedangkan ditiap Kelurahan ada 3 orang.

Ketua KPU Dumai Darwis dalam arahannya mengatakan kepada seluruh PPK dan PPS yang sudah dilantik agar dapat melakukan dan menjalankan tugasnya dengan baik. "Kepada kawan-kawan di PPK dan PPS, lakukanlah dan jalankanlah amanah ini dengan sebaik-baiknya, jalankan tugas ini dengan benar dan tidak main main," pesannya.

Dipaparkan Darwis, Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai saat ini sama jumlahnya dengan TPS Pilgubri yaitu sebanyak 530 TPS. Dan rata-rata pemilih antara 650 sampai 700 orang per-TPS. "Pelantikan anggota PPK dan PPS ini dilakukan sekaligus di seluruh Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Dumai," terang Darwis.

Sementara itu, Wakil Walikota Dumai H. Agus Widayat dalam sambutannya mengatakan, untuk pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah di Kota Dumai, dirinya berharap agar warga Kota Dumai dapat saling bahu-membahu untuk mempersiapkan seluruh kelengkapan bagi terlaksananya pemilihan tersebut secara baik dan lancar tanpa kekurangan suatu apapun.

Dikatakannya, bahwa PPK dan PPS sebagai perpanjangan tangan KPU di Kecamatan dan Kelurahan, tugas keduanya sangat sentral dan strategis guna memverifikasi data pemilih. Maka dari itu, Pelantikan anggota PPK dan PPS merupakan agenda penting dalam rangka mempersiapkan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat atau tepatnya pada bulan Desember mendatang.

"Atas nama Pemko Dumai saya minta kepada anggota PPK dan PPS agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya agar dapat terwujudnya pelaksanaan Pemilukada yang sesuai dengan harapan kita bersama. Dan Kota Dumai telah sukses melakukan Pilkada pada tahun 2010 yang lalu yang langsung dipilih masyarakat. Demikian juga pada Pilgubri, Pemilihan Presiden dan DPRD juga telah sukses kita laksanakan bersama," katanya.

Wakil Walikota Dumai juga menambahkan, bahwa kegiatan ini adalah bentuk untuk suksesnya perhelatan akbar. Sehingga timbulnya harapan dari seluruh pihak agar semoga pesta demokrasi ini dapat menjalankan amanah dan sukseskan demokrasi.

Hadir juga pada pelantikan itu, Perwakilan dari DPRD Dumai, Sekda, Sekretaris KPU Dumai, Kajari Dumai, Danlanal, Pihak Kapolresta Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai serta calon PPK dan PPS se-kota Dumai serta tamu undangan lainnya. (via)
Penulis: