Pemerintahan

Kelurahan Ratu Sima Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Riau 2015

admin admin
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Kelurahan Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan berhasil menjadi juara pertama pada lomba Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2015. Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada Lurah Ratu Sima Fachruddimas di Pekanbaru, Senin (2/11/2015) lalu.

Usai menerima penghargaan, Lurah Ratu Sima Fachruddimas menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Dumai khususnya masyarakat Kelurahan Ratu Sima atas kerjasamanya dalam penilaian lomba Kelurahan.

"Kemenangan ini bukan kemenangan saya pribadi melainkan kemenangan bersama hasil kerjakeras dan kerjasama kita semua dan instansi terkait lainnya. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih atas peran serta masyarakat dalam penilaian lomba kelurahan sehingga Kelurahan Ratu Sima berhasil menjadi juara lomba Kelurahan tingkat Provinsi Riau 2015," kata Dimas sapaan akrab Lurah Ratu Sima.

Lanjutnya, ucapan terimakasih juga Ia sampaikan kepada seluruh ketua RT di Kelurahan Ratu Sima, Kader PKK, Babinsa, Babinkamtibmas. "Dan saya mengajak untuk terus semangat agar Kelurahan Ratu Sima berhasil mempertahankan prestasi yang sudah berhasil diraih, dan mari kita tunjukan bahwa kita mampu membangun kelurahan," ujarnya.

Dijelaskannya, lomba kelurahan sebagai upaya pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada masyarakat. Mekanisme penilaian dilakukan melalui mekanisme penilaian secara berjenjang. Indikator penilaian terkait pengelolaan fasilitas, sarana dan prasana di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Penilaian sudah dilakukan pada Juni 2015 lalu oleh tim penilai lomba Kelurahan yang dipimpin langsung Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Provinsi Riau.  Penilaian lomba meliputi bidang pelayanan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, kesejahteraan masyarakat, pelayanan berbasis komputer, ekonomi masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

"Kami akan terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan cara menerapkan sistem pelayanan berbasis elektronik menuju pelayanan yang lebih professional dan cepat dengan cara pengoptimalan aplikasi komputer dalam pengurusan administrasi kependudukan guna memenuhi target efektivitas dan efisiensi kerja serta memudahkan masyarakat untuk menurus administrasi kependudukan serta mempersingkat waktu pengurusannya," tutup Dimas. (dcp)

Penulis: admin