Peristiwa

Antusias Masyarakat Inhil Untuk Mengurus KIA Di Arena MTQ Ke 49 Inhil

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Antusias Masyarakat Inhil Untuk Mengurus KIA Di Arena MTQ Ke 49 Inhil

Tembilahan,PESISIRNEWS.COM-Setelah dilakukan lounching Kartu Indentitas Anak (KIA) di Kabupaten Indragiri Hilir baru-baru ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) langsung tancap gas membuka pelayanan di acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Inhil.


Pelayanan KIA yang berbarengan dengan pelayan Adminduk lainnya dilaksanakan di stand Bazar Disdukcapil Inhil selama proses pelaksanaan MTQ berlangsung.


Meski terhitung baru, namun dalam proses implementasi di lapangan Disdukcapil sangat piawai dan mahir tentang pelayanan, selain melayani sesuai dengan Standar Operasional Prosudur (SOP) Disdukcapil juga sudah memahami bagaimana mangatasi berbagai masalah yang sering terjadi di lapangan.


Salah satu warga yang datang mengurus KIA, Fahrudin mengapresiasi pelayanan Disdukcapil. Ia menyebutkan pengurusan KIA di acara MTQ sangat tepat sasaran dan membantu masyarakat yang datang berkunjung.


"Pengurusan KIA di Stand MTQ Disdukcapil sangat mudah dan tidak lama, cukup dengan photo copy Kartu Keluarga (KK) & Akte Kelahiran anak sudah bisa mendapatkan KIA. Untuk anak di atas 5 tahun diperlukan tambahan waktu untuk menambahkan photo anak, namun jika di bawah 5 tahun tidak payah menggunakan foto," ucap Fahrudin atau akrab disapa Oyonk Maldini ini, Kamis (3/10/2019).


Oyonk juga menyebutkan kepengurusan KIA ini sangat berbeda dengan kepengurusan Adminduk lainnya karena persyararan simpel dan cepat didapatkan, kendati demikian ia menghimbau masyarakat Inhil untuk segera mengurus agar secepatnya bisa digunakan.


"Tidak seperti pengurusan Adminduk lain, yang memerlukan surat pengantar dari Kantor Lurah dan sebagainya. Mari mengurus KIA, kemungkinan tidak semua masyarakat mengetahui adanya penerbitan KIA atau tidak mengetahui apa fungsi dari KIA ini sehingga di anggap KIA itu tidak penting," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ahmad Ramani melalui Sekertaris Disdukcapil Inhil, Nursal Sulaiman menyebutkan setelah dilakukan lounching, antusias masyarakat mengurus KIA membeludak.


"Berkaitan dengan KIA, setelah di lounching pak Bupati Wardan nampaknya antusias warga untuk melengkapi dokumen kependudukan bagi anak-anak sangat tinggi. Tentu ini merupakan awal yang baik untuk suksesnya penerbitan KIA di Indragiri Hilir ke depannya," jelas Nursal, Kamis (3/10/2019)


Meski sudah berjalan lancar, Nursal menyebutkan pihak Disdukcapil Inhil tetap akan melakukan evaluasi setelah pelaksanaan MTQ selesai.


"Setelah MTQ ini selesai, tentu kita akan evaluasi segala sesuatunya berkaitan dgn KIA ini, agar kedepan lebih bagus lagi dan tidak menutup kemungkinan kedepannya kita akan melakukan jemput bola juga seperti pelayanan KTP elektronik," terangnya.


Kendati demikian, pihak Disdukcapil Inhil meminta support dan masukan agar pelayanan KIA bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. "Mohon doa, masukan dan supportnya dari semua pihak," imbuhnya.

Penulis: Pesisirnews.com

loading...