Peristiwa

Bau Busuk, Seorang Pria Warga Pangkalan Kerinci Lakukan Aksi Demo Protes PT RAPP


Bau Busuk, Seorang Pria Warga Pangkalan Kerinci Lakukan Aksi Demo Protes PT RAPP
Photo : David

Aksi Demo Solo yang Dilakukan Umar di Pelalawan

Pelalawan


Pesisirnews.com - Aroma busuk yang sangat menyengat yang diduga keluar dari menara pencakar langit cerobong asap milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pasific Rayon (APR) anak perusahaan APRIL GROUP milik Taipan Sukanto Tanoto di protes demo solo oleh warga Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.


Tidak tahannya mencium aroma busuk yang diduga berasal dari areal pabrik milik Taipan Sukanto Tanoto yang tergabung dalam APRIL GROUP, seorang pria di Pangkalan Kerinci yakni, Umar Syaputra (35) Selasa (10/3/20) melakukan aksi demo solo menyampaikan aspirasi terkait adanya bau busuk yang sering tercium di kawasan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.


Umar datang ke perempatan lampu merah Pangkalan Kerinci seorang diri, begitu sampai di lokasi dirinya langsung menyarungkan spanduk ke tubuhnya, yang tertulis "Rakyat Menggugat dan Rakyat Berhak Menikmati Udara Bersih".


"Ini aksi pribadi saya, tidak ada ditunggangi pihak manapun, tidak ada kepentingan proyek di perusahaan. Yang jelas saya mempertanyakan apakah bau busuk ini, mengotori udara atau limbah ini tercium manusia, apakah berdampak berbahaya," ungkap Umar pada aksi solonya di perempatan lampu merah .


Lanjut Umar, aksi yang dilakukannya ingin meminta pihak Perusahaan yang di duga sumber bau busuk itu, bertanggung jawab dan memberikan penjelasan kepada masyarakat kondisi bau tersebut.


"Kita hanya meminta Perusahaan memberikan penjelasan sebenarnya, ilmiah nya, jika perlu di pasang alat pengukur udara dan cemaran udara yang berada di Pangkalan Kerinci," pinta Umar.


Aksi Solo Umar itu sempat mendapat perhatian sejumlah pengguna lalu lintas yang lewat, bahkan banyak yang mengambil momen photo pemandangan aksi solo yang terlihat unik dan berani tampil ini.


Berselang 1 jam aksi tersebut, terlihat puluhan petugas kepolisian dari Polres Pelalawan datang ke lokasi lampu merah tersebut dan beberapa anggota kepolisian melakukan dialog dengan Umar, dan aksi itu berakhir dengan aman dan damai.(David)

Penulis:

Editor: Admin

loading...