Peristiwa

Gempa Berkekuatan 6,8 Skala Richter Hantam India


Gempa Berkekuatan 6,8 Skala Richter Hantam India
Foto: Ilustrasi.
MANIPUR, PESISIRNEWS.COM - Gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter memukul timur laut India, dekat perbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh. Belum ada laporan korban jiwa maupun materil akibat gempa.

Seperti dilansir BBC News, Senin (4/1/2015), US Geological Survey (USGS) melaporkan gempa terjadi pada Ahad (3/1) pukul 04.35 waktu setempat. Gempa melanda sekitar 33 kilometer barat laut Imphal, ibu kota negara bagian Manipur.

Banyak warga melarikan diri dari rumah mereka di Bangladesh saat gempa terjadi. USGS memperkirakan ada 98 juta orang di wilayah tersebut yang mungkin merasakan gempa.

Wilayah ini memiliki sejarah gempa bumi kuat yang disebabkan oleh tabrakan dari lempeng Hindia dan Eurasia. Lempengan bergerak ke arah satu sama lain pada tingkat empat hingga lima centimeter per tahun.

Pada 2005, gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter melanda wilayah Kashmir-Pakistan. Bencana tersebut menewaskan 75 ribu orang.

Pada April 2015, Nepal mengalami gempa terburuk dengan catatan sembilan ribu orang tewas dan sekitar 900 ribu rumah rusak atau hancur. (ry)

Cari berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI


Sumber: republika.co.id

Penulis: