Peristiwa

Ini Air Terjun Buatan Manusia Terbesar di Asia


Ini Air Terjun Buatan Manusia Terbesar di Asia
Foto: Repubika
Air terjun buatan manusia di Cina
PESISIRNEWS.COM - Air terjun buatan manusia terbesar pertama Asia telah diciptakan.

Dengan tinggi 12,5 meter dan lebar 400 meter, air terjun ini merupakan bagian dari proyek mengalihkan air dari Sungai Niulan ke Danau Dianchi di Provinsi Yunnan, Cina.

Dilansir Amusingplanet Rabu (6/1/2016) pengalihan ini dimaksudkan untuk mengurangi banjir yang sering terjadi di Sungai Niulan. Selain itu, dengan adanya air terjun buatan ini diharapkan bisa berfungsi sebagai cadangan air, saat keadaan darurat terjadi.

Meski buatan manusia, air terjun ini tak kalah menarik dengan air terjun alam. Air terjun ini dirancang seperti air terjun raksasa pada umumnya dan sekilas mirip dengan Air Terjun Niagara di Kanada.

Selain itu, juga terdapat taman yang terletak di sekitar air terjun, sehingga memberikan tampilan yang lebih alami dan indah. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi suasana rekreasi pada orang-orang yang datang berkunjung. Air terjun dibuka untuk umum dan pengunjung tak dipungut biaya apapun atau gratis.

Proyek air terjun ini sendiri selesai setelah dua tahun pembuatan. Setidaknya untuk menyelesaikan pembuatannya biaya yang harus dikeluarkan adalah 1,1 miliar yuan atau sekitar 170 juta dollar AS.


Cari berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI


Sumber: republika.co.id

Penulis: