Peristiwa

Jarak Pandang di Dumai Hanya 100 Meter Lumpuhkan Penerbangan


Jarak Pandang di Dumai Hanya 100 Meter Lumpuhkan Penerbangan
Bandara Pinang Kampai Dumai.
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Kabut Asap akibat kebakaran hutan dan lahan, membuat jarang pandang di Bandara Pinang Kampai Dumai 100 Meter.

Akibatnya, jadwal penerbangan rute Dumai ke Jakarta menggunakan Pesawat Trans Nusa pada Kamis (17/9/2015) pukul 10.00 pagi tadi batal diterbangkan.

"Jarak pandang dibandara pinang kampai akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan pagi tadi sekitar 100 meter, normalnya 4 KM, akibatnya penerbangan Dumai ke Jakarta hari ini dibatalkan," beber Kepala UPT Bandara Pinang Kampai, Catur Hanggowo kepada wartawan usai mengikuti upacara Harhubnas 2015, Kamis.

Dijelaskan Catur, hari ini hanya ada satu jadwal penerbangan yang dibatalkan yaitu pesawat Trans Nusa tujuan Dumai ke Jakarta karena jarak pandang terbatas akibat kabut asap.

"Dan bandara akan beroperasi jika jarak pandang kembali normal," sebutnya.

Selain terbatasnya jarak pandang, kualitas udara Kota Dumai saat diukur menggunakan ISPU milik PT Chevron, Kamis (17/09) Pukul 06.55 Wib berada di level 500 PSI dengan status berbahaya.

Sebelumnya, pada Rabu kemarin, tiga jadwal penerbangan melalui Bandara Pinang Kampai Dumai juga dibatalkan akibat kabut asap yang semakin hari semakin parah menyelimuti Kota Dumai.

Tiga jadwal penerbangan yang dibatalkan, yakni, penerbangan dari Dumai menuju Batam dan sebaliknya, penerbangan Dumai ke Jakarta dan sebaliknya dengan pesawat Transnusa dan penerbangan Dumai ke Jakarta pesawat Pelita Air.

"Pembatalan penerbangan melalui jalur udara ini tentunya kita lakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," imbuh Catur mengakhiri. (dcp)

Penulis: