• Home
  • Peristiwa
  • PT Astra International Tbk Serahkan Bantuan Untuk Petani Kelapa

Bupati Wardan :Optimis Program Kampung Berseri Astra Membuka Peluang Peningkatan Ekonomi Masyarakat Inhil

PT Astra International Tbk Serahkan Bantuan Untuk Petani Kelapa

Wardan berharap atas upaya PT Astra, Kemendes PDTT dan Kementerian Keuangan yang telah berkolaborasi dalam kegiatan program Kampung Berseri Astra ini
Pesisirnews.com Sabtu, 12 Oktober 2019 20:09 WIB
PESISIRNEWS.COM-PT Astra International Tbk serahkan bantuan untuk petani kelapa melalui Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, juga penandatanganan ekspor produk Desa Sejahtera Astra pada saat kegiatan seremoni donasi bantuan dan ekspor perdana produk unggulan Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (12/10/19).

Bantuan tersebut berupa 10 unit tenda green house (pengering kopra putih) diserahkan secara simbolis serta dalam rangka menjalin kemitraan antara Pemerintah Indrgairi Hilir bersama Astra dihadiri dan disaksikan oleh Jenderal DPT Kemendesa RI Samsul Widodo, Debuti IV Kemenko Bidang Perekonomian Muhammad Rudy Salahuddin serta CEO Inacom Mochammad Nasrulyani.

Sedangkan dari Pemkab Inhil dihadiri Bupati HM Wardan, Kadis PMD Yulizal, Kadis Perindag Dhoan Dwi Anggoro, Kadis Perkebunan Eddywan, Kepala Bappeda T Jauhari, Kadis Kominfo HM Taher, Kabag Keuangan Setdakab Inhil Wanhar, para pengusaha dan petani kelapa dari 10 desa sasaran program Kampung Berseri Astra.

Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International, Riza Deliansyah menuturkan pogram Kampung Berseri Astra sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dengan menyalurkan bantuan berupa tenda pengering kopra putih kepada petani kelapa dengan tujuan membantu pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian memanfaatkan potensi-potensi perdesaan di Indragiri Hilir.

"Astra memberikan salah satu program CSR yang dapat membantu perkembangan ekonomi desa yakni program Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir dalam pengembangan potensi desa," sebut Riza Deliansyah saat sambutanya.

Dipaparkannya, pengembangan perdesaan yang dilakukan Astra tak hanya dukungan berupa fasilitas finansial, namun juga dalam bentuk pendampingan pengembangan turunan kelapa sekaligus pemasaranya bahkan bantuan permodalan.

"Program Desa Sejahtera Astra dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal usaha dan pemasaran," kata Rizal

Jenderal DPT Kemendesa RI, Samsul Widodo menyambut baik kegiatan kemitraan antara PT Astra dan Pemkab Inhil ini dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat di pedesaan, khususnya di Kabupaten Inhil.

"Kami mempunyai komitmen mendukung kegiatan PT Astra ini," kata Samsul.

Samsul menuturkan, Astra memambantu pemerintahan mengentaskan kemiskinan dengan pemberdayaan petani diseluruh Indonesia dalam pengembangan potensi-potensi dimiliki daerah mereka. Ia menghimbau kepada pemerintah daerah mendukung upaya Astra dalam membina petani.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati HM Wardan mengatakan sangat menyambut baik kehadiran PT Astra International Tbk melirik potensi yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Ia mengaku optimis program Kampung Berseri Astra membuka peluang bagi peningkatan ekonomi masyarakat, terutama para petani kelapa di Inhil.

"Mudah-mudahan program yang dibuat PT Astra ini benar-benar memberi peluang bagi masyarakat di pedesaan di Inhil, dalam meningkatkan ekonominya," kata Wardan

Wardan berharap atas upaya PT Astra, Kemendes PDTT dan Kementerian Keuangan yang telah berkolaborasi dalam kegiatan program Kampung Berseri Astra ini, dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Indragiri Hilir. Ini juga sejalan dengan program peningkatan perekonomian kerakyatan melalui BUMDesa yang sudah di bentuk diseluruh desa se Inhil.

"Dalam upaya pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat desa, maka Pemkab Inhil pada tahun ini menitik beratkan pada pembangunan ekonomi pedesaan, melalui wadah BUMDes. Diawal 2019, BUMDesa sudah terbentuk disetiap desa. Diharapkan, BUMDes ini berjalan sehat," katanya.
Tags RohulSelebwanita

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments