Peristiwa

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bangun Balai Adat di Desa Inbate

Budi Budi
Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bangun Balai Adat di Desa Inbate
Ist.
Bikomi Nilulat

Pesisirnews.com- Wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat di perbatasan dan menjunjung tinggi Adat Istiadat Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, membangun Balai Adat atau Lopo Adat bersama masyarakat yang ada di Dusun Satu, Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Minggu (22/03/2020).


Pembangun tersebut diresmikan langsung oleh Perwira Teritorial (Pater) Satgas Yonif 132/BS Kapten Inf Putra Kurnia Firmansyah Zendrato, dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pariwisata NTT Eden Kelake S.E., Tokoh Adat, serta masyarakat Desa Inbate.

Dalam kesempatannya, Pater Satgas Yonif 132/BS Kapten Inf Putra Kurnia Firmansyah Zendrato menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan sebagai bentuk cinta tanah air dan bakti TNI kepada masyarakat, dengan menjujung tinggi adat istiadat serta melestarikan budaya yang ada di perbatasan.

"Salah satunya seperti yang dilakukan anggota Satgas Yonif 132/BS, yang berinisiatif untuk melaksanakan Karya Bhakti bersama masyarakat membangun Balai Adat atau Lopo Adat yang ada di Desa Inbate ini," tutur Kapten Inf Putra Kurnia Firmansyah Zendrato.

Selain itu, Bapak Eden Kelake S.E.(50), Kepala Bidang Pariwisata NTT yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, apresiasi kepada Satgas Yonif 132/BS, yang telah mendukung pemerintah Provinsi NTT, dalam rangka mempercepat pembangunan pariwisata di wilayah perbatasan, karena bukti nyata telah dirasakan oleh masyarakat dalam bentuk pembangunan Lopo Adat." ujar Kepala Bidang Pariwisata.

Sementara itu, Yakube Obe Tusala (29) selaku Pelestari Budayaan di Desa Inbate, mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI Pos Inbate terutama bapak pimpinan Danyon.

"Saya sangat hormat, sudah memberikan suatu ruang pertemuan adat, supaya adat dikembangkan, dilestarikan dan dipelihara sampai generasi anak cucu," ucapnya.(hms/Wan)

Penulis: Budi

Editor: Budi

loading...