Peristiwa

Seperti Ini Tradisi Penyambutan Komandan Korps Marinir, Mayjen Suhartono Disambut Ribuan Prajurit

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Seperti Ini Tradisi Penyambutan Komandan Korps Marinir, Mayjen Suhartono Disambut Ribuan Prajurit

ST/Dinas Penerangan Korps Marinir

Upacara penyambutan Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI Suhartono 

PESISIRNEWS.COM-Sesaat setelah Serah Terima Jabatan Marinir'>Korps Marinir'>Komandan Marinir'>Korps Marinir dari pejabat lama Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dengan pejabat baru Mayjen TNI (Mar) Suhartono dilakukan upacara pelepasan dan penyambutan.


Upacara ini merupakan tradisi untuk pelepasan dan penyambutan Marinir'>Korps Marinir'>Komandan Marinir'>Korps Marinir di lapangan apel Bhumi Marinir Cilandak, Kamis (27/12/2018).


Tribunjambi.com melansir dari rilis Dinas Penerangan Marinir'>Korps Marinir, Dalam upacara tradisi ini, pejabat lama beserta isteri dengan menaiki Kendaraan Tempur Marinir jenis BTR-4 M melewati gapura kendaraan tempur yang digelar rapi memenuhi lapangan apel Bhumi Marinir Cilandak dari depan Monumen Yasawira Perkasa.


Di belakangnya dengan berjalan kaki, Dankormar beserta pejabat utama Dankormar dan prajurit dari Pasukan Khusus Korps Marinir mengiringi dengan berjalan kaki.


Tiba di depan gedung Cakra Brigif-2 Marinir, pejabat lama yang selanjutnya akan menempati jabatan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal berkesempatan memberikan taklimat akhir di depan ribuan prajurit Korps Marinir.

Upacara penyambutan Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI Suhartono


Upacara penyambutan Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI Suhartono (IST/Dinas Penerangan Korps Marinir)


" Korps Marinir adalah aset negara, aset bangsa dan aset TNI yang harus selalu dijaga, dirawat dan dibesarkan. Saya yakin Komandan Korps Marinir yang baru mampu melaksanakan tugas lebih baik dari apa yang telah saya perbuat. Pada kesempatan ini pula, atas nama pribadi dan keluarga, kami mohon maaf kepada para prajurit sekalian, karena sebagai manusia biasa, tentu tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan baik yang disengaja maupun tidak disengaja" katanya di depan prajurit.


Setelah melewati lorong gapura, rombongan arak-arakan pejabat lama melewati lorong prajurit yang mengular dari depan gedung Cakra Brigif-2 Marinir hingga pos depan kesatrian Marinir Hartono sejauh 300 meter.


Di akhir lorong prajurit inilah Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dilepas secara resmi oleh keluarga besar Korps Marinir.

Mayjen Bambang Suswantono bersama Istri dan Mayjen Suhartono bersama istri pada upacara pelepasan dan penyambutan Dankormar


Mayjen Bambang Suswantono bersama Istri dan Mayjen Suhartono bersama istri pada upacara pelepasan dan penyambutan Dankormar (IST/Dinas Penerangan Korps Marinir)


Dari tempat ini pula, pejabat baru Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta isteri dengan menaiki kendaraan tempur yang sama, diarak masuk ke kesatrian Marinir dengan diikuti para pejabat dan prajurit Korps Marinir yang sebelumnya membentuk lorong manusia.

Mayjen TNI Bambang Suswnatono bersama istri saat pelepasan dari markas Marinir


Mayjen TNI Bambang Suswnatono bersama istri saat pelepasan dari markas Marinir (IST/Dinas Penerangan Korps Marinir)


Tiba di tengah lapangan upacara, Dankormar turun dari kendaraan tempur, kemudian dipanggul sejumlah prajurit naik ke panggung upacara untuk selanjutnya memberikan taklimat awal kepada seluruh prajurit Marinir'>Korps Marinir.

Dalam moment ini Dankormar mengajak seluruh prajurit untuk menjaga amanat dengan baik.


" Marinir dibesarkan oleh para pendahulu Korps. Marinir adalah amanah dari generasi ke generasi berikutnya, Marinir bukan diwariskan. Untuk itu sudah menjadi tugas kita untuk menjaga dan tetap membesarkan nama Marinir'>Korps Marinir. Kita jangan terlena dengan kejayaan dan nama besar Marinir'>Korps Marinir yang sudah ada. Ke depan kita harus berbuat yang lebih baik untuk Korps kebanggaan kita ini" demikian kata Dankormar di depan ribuan prajurit Marinir'>Korps Marinir yang memenuhi lapangan upacara.

Penulis: Zanoer

Sumber: Tribunjambi