Peristiwa

Antisipasi Potensi Konflik, Kemenag Gelar Pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan


Antisipasi Potensi Konflik, Kemenag Gelar Pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno. (Foto: Kemenag)

TANGERANG SELATAN (Pesisirnews.com) - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Agama menggelar Pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial.Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama tanggal 27 Februari - 4 Maret 2023 dan Gelombang kedua dilaksanakan tanggal 6 - 11 Maret 2023.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno mengatakan dalam laman Kemenag yang dilansir Selasa (28/2), bahwa konflik sosial keagamaan bukan hanya di Indonesia, namun di semua tempat di dunia ini.Indonesia dengan keragamannya (agama, suku, bahasa) memiliki potensi terjadinya konflik sosial keagamaan.

“Karenanya Kementerian Agama (Kemenag) ingin menjadi bagian penting untuk mengantisipasi potensi itu agar nantinya bisa diatasi,” terang Suyitno saat membuka Pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan di Pusdiklat Kemenag, Tangerang Selatan, Banten

“Konflik yang sifatnya keagamaan dan kebangsaan harus segera kami lakukan deteksi sedikit sehingga sebelum ada konflik, kami dapat mencegahnya,” sambungnya.

Menurutnya, deteksi dini itu melakukan langkah-langkah pencegahan sejak awal.

“Mengetahui bagaimana melakukan langkah-langkah yang sifatnya preventif dan mitigatif dan bagaimana mampu menurunkan permasalahannya,” kata Suyitno.

Dia berharap, para alumni pelatihan diharapkan mendapatkan insight untuk mendeteksi potensi konflik dan terjun dengan langsung memberikan laporan di lapangan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar