Peristiwa

Arab Saudi Larang Unta Berkeliaran Selama Musim Haji

Anjar Anjar
Arab Saudi Larang Unta Berkeliaran Selama Musim Haji

Ilustrasi: Unta dilarang berkeliaran selama musim haji. (Int)

RIYADH (Pesisirnews.com) - Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Saudi menerapkan langkah-langkah untuk mencegah unta memasuki tempat-tempat suci. Upaya ini sebagai bagian dari serangkaian tindakan pencegahan yang diambil oleh pihak berwenang untuk menghadapi Sindrom Pernafasan Timur Tengah (Corona).

Dilansir dari khaberni.com, Selasa (14/6), direktur cabang kementerian di wilayah Makkah, Eng Saeed Al-Ghamdi, menjelaskan bahwa mencegah unta memasuki tempat-tempat suci akan dilakukan selama musim haji tahun ini.

Menurut dia, hal ini diambil sebagai langkah mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran virus yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Eng Al-Ghamdi juga menyampaikan bahwa kementerian mempersiapkan musim haji tahun ini dengan paket tindakan yang mencakup penyediaan kader veteriner khusus yang bekerja sepanjang waktu untuk memeriksa domba yang datang melalui Pelabuhan Islam Jeddah.

Mereka bertugas untuk memastikan keselamatan peziarah dengan deteksi superfisial dan laboratorium, dan untuk membangun pos pemeriksaan di pintu masuk ke Ibu Kota Suci.

Para kader khusus ini bekerja untuk mencegah masuknya domba, kecuali setelah memverifikasi sumber dan keamanannya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar