Peristiwa

Dandim Palangka Raya: Program Unggulan Kodim Guna Mendukung Hasil Panen yang Melimpah

Anjar Anjar
Dandim Palangka Raya: Program Unggulan Kodim Guna Mendukung Hasil Panen yang Melimpah

PALANGKA RAYA (Pesisirnews.com) - Komandan Kodim (Dandim) 1016 Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, S.A.P.,M.P.M.,M.Han, melaksanakan kegiatan penanaman bawang dan kedelai di kawasan Agro Wisata, tepatnya di Demlot Kampung Berkah Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, Selasa (26/4).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasdim 1016 Palangka Raya Letkol Inf Abdul Salim, Danramil 1016-01 Pahandut Mayor Inf Rudiyanto, Pasi Teritorial Dim 1016 Palangka Raya Mayor Inf M. Syafii, Lurah Kalampangan Diwakili Kasipem Kelurahan Ibu Nindi, Babinsa Kalampangan Serda Mislan, serta perwakilan Petani Kalampangan Bapak Ismail.

Dandim 1016 Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan dalam keterangannya kepada awak media mengatakan kegiatan ini merupakan program unggulan dari Korem 102/Pjg.

“Kami mendukung masyarakat supaya dapat meningkatkan hasil dari pertanian khususnya yang saat ini kita tanam bawang dan kedelai dengan harapan adanya pendampingan dan kerja sama dari Kodim, hasilnya dapat lebih baik dari yang sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Kalampangan melalui Kasipem Kelurahan ibu Nindi mengatakan, pihaknya mewakili Ibu Lurah dan warga kalampangan sangat terbantu, dan mengapresiasi program dari Kodim 1016 Palangka Raya ini.

“Semoga dengan adanya penanaman bawang dan kedelai ini bisa berbuah manis dan menghasilkan hasil yang melimpah dan berguna untuk perkembangan pertanian khususnya kelurahan kalampangan,” ucapnya.

Seorang petani Kalampangan, Ismail juga mengucapakan rasa terima kasih karena melalui program dari Kodim dan dengan adanya pupuk yang sifatnya nutrisi hayati dirinya merasa cukup terbantu.

“Mungkin karena petani saat ini keluhannya dengan subsidi itu kan sangat susah, maka dari itu dengan adanya program pupuk ini diharapkan dapat menekan biaya hingga 50 persen. Dan hingga saat ini saya sudah mempraktikan dengan penanaman bawang di mana hasilnya saat panen sangat memuaskan, sehingga mirip dengan pupuk kimia,” jelasnya.

“Saya mewakili petani Kelurahan Kalampangan mengucapkan terima kasih kepada Korem 102 Panju Panjung dan Kodim 1016 Palangka Raya karena telah mendampingi petani dalam jangka waktu yang lumayan lama,” tutup Ismail. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar