Peristiwa

Dentuman Misterius Terdengar di Gunungkidul, Warga Diminta Waspada dan Hati-hati Info Hoaks


Dentuman Misterius Terdengar di Gunungkidul, Warga Diminta Waspada dan Hati-hati Info Hoaks

Ilustrasi: Suara dentuman misterius yang didengar sebagian masyarakat Gunungkidul, DI Yogyakarta. (Sumber: iStock)

YOGYAKARTA (Pesisirnews.com) - Sebagian masyarakat Gunungkidul, Yogyakarta, terkejut medengar suara dentuman misterius yang disebut mirip dengan suara letusan Gunung Kelud, Kamis.

Kesaksian warga terkait suara dentuman misterius di Gunungkidul yang disebut mirip dengan suara dentuman erupi Gunung Kelud pada 2014 silam menimbulkan tanda tanya besar di kalangan warga setempat. Beberapa warga mengatakan banyak beredar informasi yang sumbernya belum jelas.

Lurah Tambakromo, Sudigdo mengatakan, beredar informasi adanya pesawat jatuh hingga peledakan untuk pembuatan jalan, tetapi hingga kini belum diketahui dari sumber suara dentuman itu.

"Sempat ada isu pesawat jatuh, tapi di sini aman tidak ada apa-apa," kata Lurah Tambakromo, Sudigdo, saat dihubungi wartawan melalui telepon Kamis (22/12/2022) dikutip dari TribunJogja.

Sudigdo mengaku juga mendengar suara dentuman misterius tersebutdan sempat menduga dari truk yang melintas. Menurut dia, suaranya mirip letusan Gunung Kelud pada 2014 silam.

"Awalnya juga dikira gempa, namun tidak ada goyangan, hanya kaca saja yang bergetar," ungkap dia.

Kemudian masih terkait soal dentuman, di media sosial sempat muncul video blasting di daerah sekitar Gunungkidul, yaitudi kawasan Kapanewon Semanu.

Namun Panewu Semanu Emanuel Krisna Jowoto menjelaskan wilayah Semanu tidak ada yang masuk dalam proyek JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan).

"Setahu saya JJLS tidak ada yang masuk Semanu. Selain itu tidak ada pengerjaan yang pakai blasting juga di Semanu," sambung Emanuel Krisna Juwoto.

Pihaknya meminta untuk masyarakat berhati-hati melihat informasi yang berada di media sosial.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar