Peristiwa

Empat Daerah di Indonesia Hari Ini Diguncang Gempa Bumi


Empat Daerah di Indonesia Hari Ini Diguncang Gempa Bumi

Ilustrasi: Gempa bumi. (Int)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Sejumlah daerah di Indonesia hari ini kembali mengalami gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) yang bervariasi.

Gempa bumi pertama melanda daerah Melonguane Sulawesi Utara berkekuatan 5,3 Myang terjadi pada pukul 05:09:44 WIB. Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah terdekat pusat gempa.

Kabar terkait itu di-posting oleh akun resmi Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, Selasa (3/1/2023).

"440 kilometer timur laut Melonguane," kata postingan BMKG, dikutip RRI. "Kedalaman 10 kilometer."

Pusat gempa berada pada koordinat 7,95 lintang utara, dan 127,03 bujur timur. BMKG belum menginformasikan tentang wilayah mana saja yang merasakan getaran gempa.

BMKG menekankan, infomasi tersebut diambil beberapa menit setelah terjadi gempa.

"Parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog," ujar BMKG.

Selanjutnya, gempa bumi berkekuatan 4,0 M mengguncang wilayah Provinsi Papua. Gempa tersebut berpusat di dekat Kota Jayapura, Selasa (3/1/2023), pada pukul 05:40:00 WIB..

"Pusat gempa berada di laut, 13 kilometer timur laut Kota Jayapura, kedalaman 8 kilometer),” kata postingan BMKG.

BMKG menjelaskan, koordinat pusat gempa berada pada 2,47 lintang selatan, dan140,68bujur timur. BMKG belum menginformasikantentang kerusakan ditimbulkan akibat gempa.

Namun yang pasti, gempa ini menimbulkan goncangan yang cukup terasa. "Dirasakan (MMI) II-III Kota Jayapura," kata postingan BMKG lagi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar