Peristiwa

Gus Yahya dan Kiai Said Aqil Siroj Melaju ke Pemungutan Suara Tahap Dua Pemilihan Ketum PBNU

Anjar Anjar
Gus Yahya dan Kiai Said Aqil Siroj Melaju ke Pemungutan Suara Tahap Dua Pemilihan Ketum PBNU

Pemilihan ketua PBNU tahap kedua masih berlangsung dalam Muktamar Ke-34 NU, Jumat (24/12/2021) (Foto: Kompas TV)

LAMPUNG, Pesisirnews.com - Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Said Aqil Siroj melaju ke pemilihan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Gus Yahya dan Kiai Said menjadi calon ketua umum PBNU setelah memenuhi syarat minimal dukungan 99 suara dari para pemilik suara.

"Sesuai dengan tatib yang kita sahkan bersama kemarin, berarti calon yang masuk dalam pencalonan ada dua calon yaitu Bapak KH Yahya Cholil Staquf dan Bapak KH Said Aqil Siroj," kata pimpinan sidang seperti dikutip dari Breaking News KOMPAS TV, Jumat (24/12/2021) pagi.

Adapun hasil pemungutan tahap pertama jumlah suara yang diraup Gus Yahya sebanyak 327, sementara dua calon lainnya yaitu Kiai Said Aqil Siroj 203 sedangkan As'ad Said Ali sebanyak 17 suara.

Selain dua calon tersebut, dari 552 suara yang ada mengalir ke tiga bakal calon lainnya, yakni As'ad Said Ali (17 suara), Marzuki Mustamar (2 suara), dan Ramadhan Boayo (1 suara).

Sementara, ada 1 suara yang dianggap abstain dan 1 suara lainnya dianggap batal.

Usai pemilihan tahap pertama, tahap selanjutnya direncanakan voting calon atau dicukupkan berdasarkan hasil musyawarah kedua calon dan persetujuan Rais Aam terpilih, yakni KH Miftahkhul Akhyar.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar