Peristiwa

Hari Ini Indonesia Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional


Hari Ini Indonesia Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022. (Kemensos RI)

(Pesisirnews.com) - Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional atau disingkat HKSN diperingati pada tanggal 20 Desember tiap tahunnya. HKSN adalah peringatan hari nasional untuk meningkatkan nilai kesetiakawanan dan kebersamaan dalam bangsa.

Seperti hari nasional lainnya, HKSN memiliki sejarah asal mula hingga akhirnya diperingati setiap tanggal 20 Desember.

Peringatan HKSN tiap tahun diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dengan tema dan logo berbeda tiap tahunnya.

Sejarah Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Mengutip situs Kemensos, sejarah HKSN berlatar belakang perjuangan mempertahan kemerdekaan. Yaitu dari tahun 1945 hingga 1948 mengakibatkan sederet permasalahan sosial.

Kemensos menyadari untuk menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial tersebut diperlukan dukungan unsur masyarakat. Maka pada Juli 1949, Kemensos mengadakan penyuluhan sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat.

Lalu kursus bimbingan sosial bagi calon sosiawan atau pekerja sosial. Dengan harapan dapat menjadi mitra bagi pemerintah dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi.

Para pekerja sosial bekerja dengan jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, serta kerelaan berkorban tanpa pamrih. Hal itu tumbuh di dalam masyarakat dan dapat diperkokoh.

Sehingga masyarakat dapat menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang timbul saat itu. Yaitu dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar