Peristiwa

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Diduga Danai Pasokan Senpi KKB

Anjar Anjar
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Diduga Danai Pasokan Senpi KKB

Ilustrasi. (Foto: stevepb/Pixabay)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Polisi menduga pemasok senjata api untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, Neson Murib terkait dengan uang yang diberikan Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo sebesar Rp 370 juta.

Uang itu diketahui turut diamankan aparat saat menangkap Neson Murid saat sedang transit di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya untuk pergi ke Timika pada Senin (14/6) kemarin.

"Tentunya akan memanggil yang bersangkutan (untuk diklarifikasi)," tambah Iqbal.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (17/6/2021), berdasarkan informasi yang diterima, uang Rp 370 juta yang dibawa Neson adalah pecahan Rp 100 ribu. Kala itu, dia hendak bertemu dengan penjual senjata dan amunisi di wilayah Kabupaten Timika.

Uang senilai Rp 370 juta tersebut diberikan oleh Sonny Wanimbo pada pertengahan April 2021 lalu di salah satu hotel di wilayah Jayapura. Sonny diduga merupakan teman kuliah Neson Murib di salah satu universitas di wilayah Denpasar, Bali.

Dalam periode Mei lalu, Neson Murib sudah melakukan sejumlah transaksi senjata api. Misalnya, pembelian dua pucuk senjata api berjenis M16 dan satu pucuk AK47 beserta 100 butir amunisi di wilayah Kalimantan dengan harga Rp 190 juta.

Namun transaksi itu gagal karena terjadi kesalahpahaman antara kedua pihak dalam pelunasan pembayaran.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...